home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Korea Selatan Rela Bayar Lebih Mahal Tentara Amerika Serikat Demi Keamanan

Jumat, 15 Februari 2019 15:48 by muthiasp | 4307 hits
Korea Selatan Rela Bayar Lebih Mahal Tentara Amerika Serikat Demi Keamanan
Image source: Naver

DREAMERS.ID - Setelah pertemuan Amerika Serikat dan Korea Utara di Singapura beberapa waktu lalu, Donald Trump menekan Korea Selatan untuk membayar tentara Amerika Serikat yang ditempatkan di negara lebih mahal dari perjanjian sebelumnya.

Dilansir dari laman CNN Indonesia, Amerika Serikat menempatkan sekitar 28.500 tentara di Korea Selatan selepas perang Korea 1950-1953 untuk menjaga keamanan. Berdasarkan laporan Reuters, diperkirakan biaya yang harus dibayarkan oleh Pemerintah Korea Selatan sebesar 1 triliun won atau US$890 juta (sekitar Rp12,4 triliun) untuk 2019.

Jika sebelumnya perjanjian dibuat untuk jangka panjang selama lima tahun, namun kali ini lebih singkat hanya sekitar satu tahun lantaran ada kemungkinan Korea Selatan dan Korea Utara akan kembali mengadakan perundingan beberapa bulan lagi.

Baca juga: Bakal ‘Lawan’ Negaranya Sendiri, Ini 3 Pemain Timnas Korsel yang Kata STY Paling Berbahaya

Pada hari Minggu, kepala negosiator dari kedua negara menandatangani rencana pembagian biaya baru, yang mengharuskan Korea Selatan membayar sekitar USD 924 juta pada tahun 2019, Kementerian Luar Negeri Seoul mengatakan dalam sebuah pernyataan.

"Kami menyadari, pemerintah Amerika Serikat tahu betul bahwa Korea melakukan banyak hal untuk aliansi dan perdamaian dan stabilitas kami di kawasan ini," kata Ketua Perunding AS Timothy Betts di Seoul. "Kami sangat senang konsultasi kami menghasilkan kesepakatan yang akan memperkuat transparansi dan memperdalam kerja sama dan aliansi kami,” dikutip dari nbcnews.

Lebih lanjut, Timothy Betts yang juga menduduki posisi sebagai Pejabat Senior di Departemen Luar Negeri Keamanan Amerika Serikat ini mengatakan jumlah itu memang terbilang besar namun akan mendukung keamanan Korea Selatan. Menurutnya, Korea Selatan patut dilindungi karena sudah menjadi tanggung jawab Amerika untuk menjaga keamanan dan stabilitas salah satu sekutunya.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)