home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kesampingkan Isu Pemanasan Global, NASA Klaim Bumi Saat Ini Sudah Lebih Hijau?

Kamis, 21 Februari 2019 11:43 by nicnov | 10116 hits
Kesampingkan Isu Pemanasan Global, NASA Klaim Bumi Saat Ini Sudah Lebih Hijau?
image source: NASA

DREAMERS.ID - Isu pemanasan global masih jadi topik perbincangan dunia saat ini, mengingat banyak perubahan yang terjadi. Mulai dari musim yang lebih cepat berganti, hingga semakin hari semakin menipis lapisan es di kutub utara-selatan. Namun rupanya NASA berpendapat lain.

Dilansir dari laman CNN Indonesia, setelah NASA mengamati bumi selama kurang lebih 2 dekade, NASA mengonfirmasi saat ini dunia menjadi lebih hijau ketimbang pada tahun 90-an. Dari hasil pengamatannya, pada saat tahun 2000-an bumi terlihat lima persen lebih hijau.

Setiap harinya NASA mengambil empat foto yang beresolusi tinggi di setiap kawasan bumi. Dari hasil foto tersebut, ada dua negara yang terlihat semakin hijau yaitu negara India dan China. Lahan hijau di China tumbuh sebesar 10 persen lebih, sedangkan India lebih dari enam persen. Hal ini lebih besar dibandingkan negara-negara lainnya yang rata-rata pertumbuhannya sebesar 2,3 persen.

Seorang peneliti NASA, Rama Nemani, menjelaskan saat ini orang-orang menyadari masalahnya dan akan segera memperbaikinya, “Pada medio 70-80 an, deforestasi di India dan China sangat tidak baik. Hingga akhirnya pada tahun 1990-an, orang-orang di sana menyadarinya dan melakukan perubahan menuju kea rah yang lebih baik,” ujar Nemani, dikutip dari lonelyplanet, Rabu (20/2).

Meski secara keseluruhan data deforestasi menjadi positif namun para peneliti mengingatkan ada 2 negara yang perlu mendapat perhatian karena deforestasi. Kedua negara tersebut adalah Indonesia dan Brazil, dimana deforestasi masih terus terjadi dan akan mengancam vegetasi, kebegaraman, dan juga mengancam ekosistem.

Deforestasi sendiri adalah istilah yang digunakan atas proses penghilangan hutan alam dengan cara penebangan untuk diambil kayunya atau mengubah peruntukan lahan hutan menjadi non-hutan. Bisa juga disebabkan oleh kebakaran hutan baik yang disengaja atau terjadi secara alami.

(nino)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)