home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Moon Jae In Sebut Pertemuan Kedua Kim Jong Un - Donald Trump Bisa Jadi Titik Balik Perdamaian Semenanjung Korea

Jumat, 22 Februari 2019 15:57 by muthiasp | 965 hits
Moon Jae In Sebut Pertemuan Kedua Kim Jong Un - Donald Trump Bisa Jadi Titik Balik Perdamaian Semenanjung Korea
Image source: the strait times

DREAMERS.ID - Akhir bulan ini tepatnya tanggal pada 27-28 Februari di Hanoi, Vietnam, akan kembali digelar pertemuan kedua antara Kim Jong Un dan Donald Trump. Presiden Korea Selatan, Moon Jae In mengatakan jika pertemuan itu bisa jadi titik balik bagi hubungan Semenanjung Korea.

Dilansir dari laman ChosunIlbo, Presiden Moon Jae In pada hari Senin (18/02) mengatakan bahwa KTT (Konferensi Tingkat Tinggi) Kedua Korea Utara – Amerika Serikat, akhir bulan ini akan menjadi "titik balik penting yang akan membantu menyelesaikan denuklirisasi di Semenanjung Korea."

Moon menambahkan, KTT itu juga akan menjalin ‘hubungan Korea Utara – Amerika Serikat yang baru, dan kerangka kerja perdamaian di Semenanjung’, "Memanfaatkan kesempatan yang telah diberikan kepada kami untuk pertama kalinya karena divisi nasional akan membuka jalan untuk membangun masa depan tanpa ancaman perang dan mencapai kemakmuran ekonomi melalui perdamaian," katanya.

Baca juga: Turut Berduka Atas Meninggalnya Lee Sun Kyun, Moon Jae In: Rasanya Seolah Kenalan Dekat

"Saya berharap KTT ini akan menjadi pertemuan bersejarah yang akan mengubah Semenanjung Korea dari wilayah permusuhan dan konflik Perang Dingin, menjadi zona damai dan kemakmuran,” imbuh Moon Jae In.

Meski begitu, Moon Jae In tidak menampik masih ada yang meragukan atas proses perdamaian Korea Utara dan Selatan, “"Benar bahwa masih ada banyak keraguan tentang denuklirisasi dan proses perdamaian di Semenanjung Korea. Bahkan ada sekelompok besar orang yang tampaknya ingin melihat era permusuhan dan konflik terus berlanjut."

Tetapi partai-partai oposisi dan para ahli khawatir bahwa Amerika Serikat dan Korea Utara akan membuat kesepakatan yang mundur dari denuklirisasi penuh dan membuat Korea Selatan terekspos pada ancaman nuklir dari Korea Utara.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)