home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dialog Gagal, Korsel Curiga Korut Kembali Aktifkan Situs Peluncuran Rudalnya

Jumat, 08 Maret 2019 12:15 by muthiasp | 1023 hits
Dialog Gagal, Korsel Curiga Korut Kembali Aktifkan Situs Peluncuran Rudalnya
Image source: MSN

DREAMERS.ID - Pertemuan Donald Trump dan Kim Jong Un di Vietnam beberapa waktu lalu tidak menghasilkan keputusan apapun. Hal itu memunculkan kecemasan dari pihak Korea Selatan, terutama setelah berhembus kabar bahwa Korea Utara akan kembali mengaktifkan situs rudal.

Kim Chang Beom, Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia mengatakan bahwa laporan itu didapatnya dari Badan Intelijen Nasional Korsel (NIS), yang mendeteksi adanya pergerakan dari Korut untuk mengaktifkan situs peluncuran rudal di Tongchang-ri. Namun laporan tersebut harus diverifikasi lagi.

"Saya pikir hal pertama yang harus kita lakukan adalah memverifikasi laporan tersebut lalu memutuskan responsnya. Tapi menurut saya tidak ada alasan bagi Korut untuk melakukan tindakan provokatif seperti itu dalam situasi saat ini. Itu yang kami harapkan," ucap Kim Chang-beom, mengutip CNN Indonesia.

Baca juga: Penampilan Putri Kim Jong Un Yang Diprotes Warga Korut

Situs peluncuran rudah Tongchang-ri sendiri kabarnya sudah sempat ditutup pada 12 Juni 2018 lalu, setelah pertemuan pertama Kim Jong Un dengan Donald Trump. Namun pertemuan kedua yang berakhir buntu menyebabkan berbagai spekulasi bermunculan.

Lebih lanjut, Kim Chang Beom menganggap pertemuan kedua Kim Jong Un dan Donald Trump tetap bagus meski tidak membuahkan hasil, “Setidaknya kedua pemimpin (Trump dan Kim Jong-un) tetap membiarkan meja perundingan terbuka. Setelah pertemuan kemarin, kita semua tahu apa yang diinginkan AS yakni pelucutan sejumlah situs rudal termasuk kompleks Yongbyon”.

“Korut mengatakan mau melakukannya hanya mereka merasa cukup sulit dalam tahapan ini,” sambungnya.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)