home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Telusuri Tol Terpanjang di Indonesia yang Sudah Diresmikan oleh Jokowi

Jumat, 08 Maret 2019 14:15 by Fikriah | 727 hits
Telusuri Tol Terpanjang di Indonesia yang Sudah Diresmikan oleh Jokowi
Image source : detik

DREAMERS.ID - Hari ini Jumat (8/3/19) mungkin menjadi salah satu hari bersejarah, pasalnya Presiden Jokowi meresmikan salah satu ruas tol yang memiliki panjang 140,7 km yang menjadi tol terpanjang di Indonesia. Tol tersebut tersambung dari Bakauheni hingga Terbanggi Besar (Bakter), Lampung.

Dalam peresmian Tol Trans-Sumatera, Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter) rencananya Jokowi didampingi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, serta Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil.

"Hari ini akan kita resmikan ruas tol terpanjang yang pernah saya resmikan, 140 km. Ini babak pertama yang kita resmikan. Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim saya resmikan tol Bakauheni-Terbanggi Besar" kata Jokowi dalam sambutannya.

Sistem pengoperasian dilakukan secara bertahap, dari total 140,7 km baru Paket 1 Bakauheni-Sidomulyo yang beroperasi di Jumat (07/03). Lalu Paket 2 Sidomulyo-Kotabaru, Paket 3 Kotabaru-Metro dan Paket 4 Metro-Terbanggi Besar, akan dioperasikan secara penuh mulai Sabtu (9/3).

Baca juga: Resmi, Menhan Prabowo Sandang Bintang 4 Di Pundaknya

Sebagai informasi, dilansir dari laman detik, pembangunan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar memakan biaya investasi sebesar Rp 16,8 triliun. Jika dirinci, 52% berasal dari ekuitas melalui PMN sebesar Rp. 2,217 triliun dan obligasi yang diterbitkan Hutama Karya sebagai penggarap ruas tol sebesar Rp. 6,5 triliun.

Sementara sisanya 48% dipenuhi dengan pinjaman melalui 7 sindikasi perbankan yakni Bank Mandiri, BNI, CIMB Niaga, Maybank, Bank Permata, dan Bank ICBC, sebesar Rp. 8,078 triliun. Pembangunan ini pun diharapkan bisa semakin meningkatkan produktifitas masyarakat Sumatera, khususnya dalam ranah bisnis.

Sebelumnya pada 2015 lalu, Jokowi juga pernah meresmikan ruas tol yang memegang predikat tol terpanjang di Indonesia, yakni tol Cipali yang memiliki panjang 116,75 km.

(fnj)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)