home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Istilah Menarik Ma'ruf Amin Saat Debat, Sebut #10YearsChallenge hingga Infrastruktur Langit

Senin, 18 Maret 2019 12:15 by bellaevania | 889 hits
Istilah Menarik Ma'ruf Amin Saat Debat, Sebut #10YearsChallenge hingga Infrastruktur Langit
Image Source: CNN Indonesia

DREAMERS.ID - Penampilan Ma’ruf Amin di debat Pilpres ketiga menyisakan beragam pendapat. Digelar pada Minggu (17/03/19) malam di Hotel Sultan Senayan, tercatat Ma’ruf Amin melontarkan beberapa istilah-istilah yang menarik.

Melansir Kompas, menurut pengamat politik dari Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Arya Fernandes, Ma’ruf berhasil tampil di luar dugaan. "Debat semalam menunjukkan bahwa Kiai Ma'ruf itu berhasil membuat atau mengambil momentum dan membuat orang kagum. Karena sebelumnya di debat pertama masih tidak maksimal seperti yang tampak di debat ketiga," ujar Arya, Minggu (17/03/19).

Menurut Arya penggunaan istilah-istillah menarik yang dilontarkan Ma’ruf bukan tanpa tujuan tetapi ada kelompok yang disasar. Misalnya penggunaan istilah untuk kalangan professional seperti semangat ‘maximize utility’, ‘start up’, ‘unicorn’ hingga ‘decacorn’. Bahkan Ma’ruf juga berulang kali melontarkan istilah ‘DUDI’ yang merupakan akronim dari dunia usaha dan dunia industri.

Lalu Ma'ruf menggunakan istilah ‘#10YearsChallenge’ menyasar kaum milenial yang sempat populer pada Januari 2019 ketika menyinggung soal riset yang penting untuk membuat perubahan 10 tahun mendatang. "Demikian tenaga kita harus kita siapkan, ini dalam rangka menyiapkan anak-anak kita menghadapi tantangan 10 years challenge," kata Ma'ruf.

Ma’ruf juga menuturkan bahwa pemerintahan Jokowi tak hanya berhasil membangun inrastruktur darat, laut dan udara tetapi juga infrastruktur langit. "Pemerintah kita sekarang sudah bisa membangun infrastruktur, baik infrastruktur darat, infrastruktur laut, infrastruktur udara, dan infrastruktur langit," kata Ma'ruf Amin dalam sesi debat, Minggu (17/03) malam.

Baca juga: Momen Siwon Jadi Pembicara di Rangkaian KTT ASEAN Hingga Ketemu Wapres dan Mas Menteri

Pernyataan soal ‘Infrastruktur langit’ yang dilontarkan Ma’ruf sempat mengundang tawa penonton dalam debat. Namun tawa itu langsung terhenti ketika Ma’ruf menjelaskan masksud ‘Infrastruktur langit’ yang merujuk pada proyek pembangunan jaringan serat optik nasional palapa ring.

"Infrastruktur langit adalah melalui Palapa Ring mengenai infrastruktur digital, sehingga sekarang tumbuh usaha, seperti startup, bahkan juga unicorn, bahkan juga kemungkinan sebentar lagi akan ada decacorn," jelasnya. Namun menurut

Secara umum, Arya menilai Ma'ruf cukup bisa mengambil momentum dengan membalikkan anggapan publik terhadap kemampuannya. "Pak Ma'ruf menurut saya bisa membalikkan keadaan, membuktikan bahwa dia mampu. Membuktikan bahwa apa yang dianggap orang selama ini tidak benar soal kemampuannya," kata Arya.

(bef)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)