home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

YG Keluar dari 'Big 3', Inilah 4 Perusahaan yang Menguasai Industri K-Pop Saat Ini

Kamis, 28 Maret 2019 17:00 by fzhchyn | 8570 hits
YG Keluar dari 'Big 3', Inilah 4 Perusahaan yang Menguasai Industri K-Pop Saat Ini
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Selama bertahun-tahun, industri hiburan Korea Selatan dikuasai oleh tiga perusahaan raksasa, SM, YG, dan JYP Entertainment. Kesuksesan agensi dengan para artis asuhannya ini membuat ketiga agensi tersebut dijuliki sebagai ‘Big 3’.

Namun dengan segala perkembangan dalam beberapa tahun terakhir, ada perubahan yang sangat signifikan terjadi. Pada 27 Maret, situs berita Sports Seoul mengumumkan siapa saja perusahaan hiburan terkemuka di Korea saat ini, dan dikatakan bahwa mulai sekarang mungkin ‘Big 3’ hanya akan menjadi aura masa lalu.

Menurut kapilatisasi pasar saat ini, industri hiburan akan didominasi oleh SM Entertainment, JYP Entertainment, CJ ENM, dan Big Hit Entertainment. Sports Seoul menunjukkan tiga alasan utama untuk situasi yang baru ini. Yang pertama adalah karena saham YG yang anjlok dalam beberapa hari terakhir akibat skandal Burning Sun.

WINNER dan iKON sudah terkenal selama bertahun-tahun, namun fandom mereka tidak cukup besar untuk menjual semua tiket Dome Tour seperti BIGBANG. BLACKPINK sangat populer di Korea dan luar negeri tapi tidak dapat mencapai penjualan yang diharapkan. Selain itu, kontroversi seputar para member BIGBANG seperti kegiatan di militer, penggunaan narkoba, dan penggelapan pajak, mempersulit investor untuk memprediksi keuntungan dan penjualan di masa depan.

Baca juga: Yang Hyun Suk Tambah Nilai Saham, YG Berencana Debutkan Satu Grup Lagi

Untuk CJ ENM, perusahaan ini tidak mengelola artis secara langsung (seperti agensi hiburan), namun mereka mengoperasikan perusahaan sebagai metode investasi ekuitas dan saat ini secara bertahap memperluas pengaruhnya.

Mereka memiliki koneksi dengan anak perusahaan seperti Jellyfish Entertainment, Stone Music Entertainment, Swing Entertainment, Amoeba Culture, AOMG, Highlight Records, and Hier Music Reco. CJ telah tumbuh menjaid perusahaan raksasa dengan kemampuan untuk menghasilkan grup musik, melatih artis, membuat acara, dan memperluas pasar ke berbagai negara.

Big Hit dianggap sebagai salah satu perusahaan paling menjanjikan saat ini. Dengan mempertimbangkan pencapaian di tahun 2018, adalah mungkin untuk menghitung secara kasar bahwa nilai perusahaan akan melebihi 1.000 miliar won hingga maksimum 2.000 miliar won berkat pengaruh BTS.

Mustahil untuk mengabaikan kemungkinan bahwa Big Hit akan menjadi perusahaan dengan saham terbesar di pasar, melampaui SM, JYP, dan YG. Saat ini, mereka juga terus mempromosikan pengembangan dengan suksesnya debut biy group baru TXT. Selain itu, Big Hit juga bekerja sama dengan CJ ENM membuat label Belift Lab dengan tujuan menciptakan artis global baru di masa depan.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    G Dragon telah dikonfirmasi sedang mempersiapkan album baru untuk dirilis tahun ini. Kabarnya, album tersebut akan dilepas pada bulan Agustus....
  • HOT !
    Awal bulan ini, Zico dikabarkan akan merilis lagu yang berkolaborasi dengan Jennie BLACKPINK. Meski tidak secara detail dikonfirmasi agensi, dia memberikan bocoran melalui Instagramnya....
  • HOT !
    We The Fest 2024 telah mengumumkan line up fase pertama yang diisi oleh sejumlah musisi ternama Indonesia maupun luar negeri....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)