home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Viral Komik Jepang Sindir Hutang Pembangunan MRT yang Pelunasannya Sampai 40 Tahun

Selasa, 09 April 2019 14:15 by Fikriah | 33182 hits
Viral Komik Jepang Sindir Hutang Pembangunan MRT yang Pelunasannya Sampai 40 Tahun
Image source : kompas

DREAMERS.ID - Komik karya komikus asal Jepang, Onan Hiroshi viral di media sosial. Hal ini karena, komik buatannya itu menyindir tentang hutang pembangunan MRT Jakarta. Komik yang diunggah Onan dalam situs web onanhiroshi.com menyinggung Pemerintah Indonesia untuk segara melunasi hutang tersebut.

Dalam komik tersebut digambarkan dua orang Jepang dari Japan Internasional Cooperation Agency (JICA) yang menggunakan jas dan helm kuning sedang menagih hutang kepada MRT Jakarta. Sementara itu, ada seseorang lainnya yang duduk di bangku dengan menggunakan jas dan peci, diibaratkan sebagai MRT Jakarta yang enggan membayar hutang tersebut.

Bahkan terdapat kutipan, "Dear, Indonesia Gov, please pay! For Japan reward". PT. MRT Jakarta lantas memberikan komentar dan penjelasannya terkait hal ini. Division Head Corporate Secretary PT MRT Jakarta, Muhamad Kamaluddin mengklaim bahwa masalah pembayaran telah diatur oleh Pemerintah Indonesia dan Jepang, serta menyayangkan adanya kartun seperti itu.

Baca juga: Komik 'Death Note' Kembali Dirilis Setelah 12 Tahun Hiatus

Perjanjian hutang MRT telah sesuai dengan kesepakatan antara Pemerintah Indonesia dan Jepang, khusunya JICA, "Tidak ada yang namanya keterlambatan pembayaran oleh pemerintah dan MRT Jakarta," ujar Kamaluddin dilansir dari kompas.com. Ia juga menyebutkan bahwa semua sudah sesuai proses dan peraturan pinjaman serta kontrak dengan kontraktor, hutang akan dibayarkan secara bertahap selama 40 tahun.

"Sudah masuk dalam cicilan kan untuk 40 tahun pembayarannya dan sebetulnya sekarang belum masuk dalam pembayaran, masih ada grace period selama 10 tahun, baru nanti tahun ke-10 akan mulai pembayaran," Jelasnya Kamaluddin juga mengatakan bahwa tidak ingin membesar-besarkan hal tersebut dan tidak memberikan komentar resmi, karena menurut dirinya sindiran komik tersebut hanyalah opini pribadi.

(fnj)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)