home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Berdampak Pada Fisik dan Mental, Bullying Jadi Masalah Kesehatan Masyarakat Serius

Rabu, 10 April 2019 17:45 by fzhchyn | 974 hits
Berdampak Pada Fisik dan Mental, Bullying Jadi Masalah Kesehatan Masyarakat Serius
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Kasus perundungan atau bullying yang dialami Audrey, siswa SMP di Pontianak, Kalimantan Barat telah menjadi perhatian banyak orang setelah hashtag #JusticeforAudrey menggema di jagat maya. Ia menjadi korban pengeroyokan sejumlah siswa SMA hingga harus mendapat perawatan di rumah sakit.

Psikolog anak, Mira Amir, menilai bahwa perundungan menjadi masalah kesehatan masyarakat yang serius dan tak bisa dianggap remeh. "Yang kita temui ini hanya puncak gunung es saja, yang tidak terungkap banyak. Bullying ini masalah serius, jangan pernah anggap enteng," kata Mira yang fokus menangani isu bullying pada anak, kepada CNN Indonesia.

Laporan dari National Academies of Science, Engineering and Medicine pada 2017 lalu juga mengklasifikasikan bullying atau perundungan sebagai masalah kesehatan masyarakat serius yang terjadi di seluruh dunia. Penelitian menunjukkan sekitar 18-31 persen anak terkena dampak perundungan. Sebanyak 7-15 persen anak juga mengalami cyberbullying atau penindasan yang dilakukan melalui dunia maya. Jumlah ini diperkirakan terus meningkat.

Mira mengatakan bahwa perundungan banyak dilakukan oleh anak-anak. Baik secara fisik atau mental, perundungan dapat menimbulkan dampak yang signifikan bagi korban. "Kadang sulit ditemukan buktinya [dampak], terutama secara mental. Namun, si korban mendapatkan dampaknya secara signifikan," jelasnya.

Baca juga: YouTuber Pyo Ye Rim Korban Bullying Ditemukan Tewas

Dampak yang ditimbulkan perundungan terjadi dalam beberapa tingkatan. Perundungan dapat menurunkan motivasi seorang anak bersekolah, menghambat prestasi, meningkatkan agresivitas anak, hingga menimbulkan depresi. Pada tingkatan paling parah, perundungan dapat memunculkan keinginan bunuh diri pada anak.

Deretan dampak ini, kata Mira, bersifat traumatis hingga harus ditangani sesegera mungkin. Penanganan dini dapat mencegah rusaknya kepribadian dan masa depan anak. "Kalau tidak tertangani dengan baik, signifikan pengaruhnya di masa depan karena mereka masih muda dan emosinya tertahan," ucap Mira.

Akhirnya, Mira menyarankan agar orang tua dapat mendeteksi bullying pada anak dan mengambil tindakan yang tepat seperti memperbaiki pola asuh dan komunikasi. Perhatian dan kasih sayang merupakan cara tepat untuk melawan perundungan. Meminta bantuan profesional seperti psikolog juga dapat dilakukan untuk menangani kasus serupa Audrey pada anak.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)