home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Meski Banyak Kendala, Warga Jayapura Tetap Semangat Ikut Pemilu Susulan

Kamis, 18 April 2019 15:15 by Fikriah | 801 hits
Meski Banyak Kendala, Warga Jayapura Tetap Semangat Ikut Pemilu Susulan
Image source : kumparan

DREAMERS.ID - Proses pemungutan suara yang dilakukan di sejumlah daerah di Jayapura, Papua mengalami penundaan hingga hari ini (18/04). Hal itu rupanya tidak bisa dihindari lantaran adanya berbagai kendala, seperti teknis dalam pendistribusian logistik pemilu ke Papua. Terlebih kondisinya berbeda dengan Jakarta.

Pramono Ubaid Tanthowi, Komisioner KPU, mengatakan, "Pastilah di sana harus ada pengaturannya nanti, pengirimannya mau ke kecamatan harus pakai helikopter, kendala teknisnya banyak lah. Jangan dibayangkan di Papua itu kayak di Jakarta," ujar Pramono mengutip Kumparan, Kamis (18/04).

Pramono juga mengungkapkan bahwa distribusi logistik dari kabupaten ke kecamatan di Papua bahkan harus menggunakan helikopter, dan telah bekerjasama dengan pihak kepolisian terkait distribusi pemilu. Anggota Bawaslu RI Rahmat Bagja, menambahkan bahwa penundaan pemungutan suara di dua distrik di Kabupaten Jayapura disebabkan oleh kelalaian KPU dalam mempersiapkan logistik.

KPU juga menunda pemungutan suara di sembilan distrik kabupaten Yakume, karena hingga hari pencoblosan digelar logistik pemilu belum juga tiba di lokasi. Di samping itu, pemungutan surat suara di wilayah Asmat berpotensi ditunda karena adanya penerapan system noken atau pemilihan suara mengikuti kepala daerah.

Baca juga: Kondisi Terkini Jayapura Imbas Kerusuhan Kamis Malam

Meski begitu, antusiame warga Jayapura tidaklah surut. Hal ini terbukti ketika hujan deras mengguyur Distrik Jayapura Selatan, masyarakatnya tetap mau datang ke TPS, "Meskipun hujan deras dan ini pencoblosan ulang tapi warga tetap mau datang ke TPS dan mencoblos," kata Ketua KPPS TPS 043 Kelurahan Argapura, Distrik Jayapura Selatan Matias Wiran, dilansir dari Antara, Kamis (18/4).

Matias Wiran juga mengatakan sejak TPS dibuka mulai pukul 07.00 WIT, sekitar 40 warga telah datang untuk mencoblos. Jumlah DPT di TPS 043 Kelurahan Argapura yakni 199 warga dan hingga 10.32, sekitar 40 warga telah melakukan pencoblosan.

Nurti Temenas, warga yang mencoblos di TPS 043 Kelurahan Argapura, mengatakan bahwa meskipun hujan deras dirinya tetap semangat untuk memenuhi hak pilihnya, "Walau hujan deras seperti ini, saya tetap bersemangat menggunakan hak pilih untuk memilih wakil rakyat dan pemimpin negara ini," katanya.

(fnj)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)