home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ada Produksi Anak Bangsa, Begini Potret Bus Listrik yang Dijajal Gubernur Anies Baswedan

Senin, 29 April 2019 17:15 by Fikriah | 2589 hits
Ada Produksi Anak Bangsa, Begini Potret Bus Listrik yang Dijajal Gubernur Anies Baswedan
Image source : kompas

DREAMERS.ID - Tidak hanya taksi listrik yang siap beroperasi, tetapi moda transportasi Transjakarta juga siap menggunakan bus listrik. Bus yang akan digunakan bahkan ada yang produksi dalam negeri alias karya anak bangsa. Bus tersebut pun telah diuji coba oleh Gubernur Anies Baswedan.

Produsen Mobil Anak Bangsa (MAB) mengatakan bahwa produksi versi final karoseri bus listrik akan dimulai pada tahun ini, di fasilitas pabrik yang berada di Kudus, Jawa Tengah. Dua protipe bus listrik MAB yang ada sekarang merupakan produksi perusahaan karoseri New Armada yang memiliki fasilitas di Magelang, Jawa Tengah.

"Ke depannya kami akan membangun karoseri kami sendiri di Kudus. Pengoperasian akan dimulai tahun ini. Karoseri anak bangsa akan dimainkan di sana setelah yang dua ini," ungkap Leonard, usai acara pra-uji coba bus listrik di Balai Kota, Jakarta, pada Senin (29/4) dilansor dari cnnindonesia.com. Leonardo mengatakan kapasitas terpasang pabrik di Kudus terdapat sebanyak lima bus listrik dalam satu hari, sehingga bisa saja dalam sebulan memproduksi 100 unit.


Image Source : kumparan.com

Sementara itu pada hari Senin (29/4), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terlibat menjajal bus listrik tersebut mulai dari Balai Kota di Jalan Merdeka Selatan, menuju Bundaran Hotel Indonesia, dan kembali lagi ke Balai Kota. Uji coba bus ini dilakukan oleh PT Transjakarta dengan diikuti oleh satu bus listrik lainnya yang berasal dari produsen China, BYD.


Image Source : kumparan.com

Baca juga: Wacana Jepang Berhenti Jual Mobil Bahan Bakar Bensin

Anies Baswedan mengatakan tidak ada suara yang terasa, dan tidak ada asap yang keluar sehingga tidak menimbulkan efek negatif pada kualitas udara dari bus listrik ini. Dengan begitu besar harapannya agar bus listrik bisa mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

"Alhamdulillah pagi ini kami melakukan uji coba 3 bus pertama yang menggunakan tenaga listrik. Ini adalah hari bersejarah bagi Ibu Kota DKI Jakarta karena hari ini bis listrik secara operasional akan mulai ada di jalan-jalan,” ungkap Anies pada acara pra-uji coba bus listrik, dilansir CNN Indonesia.

Anies Baswedan juga mengungkapkan rencana uji coba bus listrik Transjakarta untuk publik dimulai sekitar bulan Juni atau Juli di kawasan Monas. 

(fnj)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)