home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Penelitian Baru Sebut Semakin Banyak Lemak di Tubuh Bisa Buat Otak Mengecil

Senin, 29 April 2019 18:15 by fzhchyn | 2133 hits
Penelitian Baru Sebut Semakin Banyak Lemak di Tubuh Bisa Buat Otak Mengecil
Image source: 9coach

DREAMERS.ID - Berat badan yang berlebih memang sering dikaitkan dengan berbagao masalah kesehatan, seperti obesitas dan penyakit jantung. Dan studi baru pun menyatakan bahwa obesitas bisa berdampak pada otak, membuatnya lebih kecil alias menyusut.

Melansir dari Detik, para peneliti dari Belanda menganalisa pindaian otak dan menemukan semakin tinggi lemak di tubuh semakin menurun volume otak di beberapa area. Secara spesifik, terlalu banyak lemak tubuh dikaitkan dengan berkuranganya jumlah materi abu-abu atau gray matter, jaringan otak yang berisi sel-sel saraf di otak bagian tengah.

Menurut studi yang dipublikasikan dalam jurnal Radiology ini, kaitan tersebut muncul lebih tinggi pada wanita. Mereka juga melihat adanya perubahan pada materi putih otak (white matter), serat saraf panjang yang membantu berkomunikasi, disebabkan oleh lemak. 

Baca juga: Latihan Fisik Para Artis Korea yang Bisa Kamu Tiru untuk Tetap Bugar

"Masih belum jelas mengapa kadar lemak terkait dengan penyusutan volume otak atau perbedaan pada materi putih. Satu pemikirannya adalah tingginya kadar lemak tubuh bisa jadi menyebabkan inflamasi yang merusak jaringan otak. Volume otak yang lebih kecil dapat mengindikasikan kehilangan neuron pada area tersebut," tulis peneliti tersebut, dikutip dari Daily Mail.

Walau begitu, karena studi ini dilakukan hanya dalam satu waktu, masih belum jelas apakah obesitas yang mengubah otak atau apakah orang dengan volume materi abu-abu yang lebih sedikit di beberapa area berisiko tinggi terkena obesitas.

Oleh karena itu para peneliti mencatat bahwa masih perlu dilakukan studi dan riset lebih lanjut mengenai hal tersebut. Agar bisa mengetahui kaitan sebenarnya apakah dengan menurunkan berat badan dapat membantu otak lebih baik. 

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)