home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Cerdas nan Unik, Anak SD di Cina Buka Usaha Jastip Camilan Pakai Sistem Member

Selasa, 30 April 2019 18:15 by Fikriah | 1605 hits
Cerdas nan Unik, Anak SD di Cina Buka Usaha Jastip Camilan Pakai Sistem Member
Image source : detik

DREAMERS.ID - Siapa yang tidak mengenal usaha jasa titip atau jastip? Usaha yang tengah menjamur ini ternyata bukan hanya dilakukan oleh orang dewasa saja loh. Anak-anak di China juga ikut melakukan usaha ini, namun bukan produk barang mewah yang mereka tawarkan untuk jastip, melainkan sebuah makanan.

Anak-anak tersebut merupakan murid di wilayah Dalian, Provinsi Liaoning, China, yang membuka jastip kepada teman-temannya yang lain, untuk membeli makanan ringan di toko hingga warung. Hal ini mereka lakukan demi mendapatkan uang jajan tambahan.


Image Source : detik.com

Dilansir dari laman detik seperti yang diberitakan Global Times (28/04), hal itu berawal dari salah satu orang tua yang menemukan beberapa bungkus camilan di tas sekolah anaknya. Saat ia bertanya dari mana cemilan itu berasa, putranya yang merupakan siswa SD tersebut, mengatakan bahwa teman-temannya yang membelikan.

Siswa SD yang bernama Xiaogang kemudian menjelaskan bahwa temannya yang membuka usaha jastip ini memiliki sistem keanggotaan. Usaha jastip camilan dilakukan juga karena banyaknya orang tua yang melarang anak-anak mereka untuk jajan membeli camilan makanan dari toko kecil dan warung.


Image Source : detik.com

Baca juga: Anak-anak di Gaza Alami Malnutrisi Parah, Sampai Tak Punya Tenaga Untuk Menangis!

Melihat hal itu, beberapa anak-anak menjadikannya sebagai peluang usaha untuk mendapat uang jajan tambahan. Hingga akhirnya muncul lah usaha jasa titip yang unik ini. Sistemnya, pemesan harus lebih dahulu memberikan uang sejumlah camilan yang diinginkan untuk dibelikan keesokan harinya.

Usaha ini dijalankan dengan memiliki daftar 20 jenis makanan. Beberapa anak bahkan mengembangkan sistem keanggotaan dengan memberikan potongan harga bagi pelanggan spesial. Tak jarang, ada beberapa siswa yang juga menjadi pemegang saham atau pemilik modal pertama.

Meski begitu, banyak orang tua yang mengaku khawatir dengan hal ini, karena melihat anak-anak mereka masih terlalu muda memasuki dunia perdagangan. Sementara salah satu guru sekolah dasar di China, Liu Jing mengungkapkan bahwa usaha jastip tersebut adalah hal yang bagus.

(fnj)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)