home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Puasa Tinggal Menghitung Hari, Ini Persiapan yang Mungkin Kamu Butuhkan

Kamis, 02 Mei 2019 19:45 by fzhchyn | 1614 hits
Puasa Tinggal Menghitung Hari, Ini Persiapan yang Mungkin Kamu Butuhkan
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan memang sudah menjadi kewajiban umat Muslim yang rutin dijalankan setiap tahunnya. Meski begitu, segala persiapan tentunya diperlukan, termasuk fisik yang akan mengalami perubahan waktu makan dan sistem dalam tubuh.

Saat menjalankan ibadah puasa, selama lebih dari 13 jam tubuh tidak mendapat asupan makanan dan minuman. Perubahan drastis ini tentu membuat tubuh ‘kaget’ dan perlu beradaptasi. Nah agar tubuh tidak kaget dan cepat beradaptasi saat menjalankan puasa di hari-hari pertama, berikut adalah beberapa tips yang bisa diterapkan.

1. Puasa sunnah
Menjalankan puasa sunnah sebelum resmi memasuki bulan Ramadhan bisa dianggap sebagai masa adaptasi agar tubuh tidak begitu kaget atau lemas saat awal puasa. Hal ini juga akan membuat tubuh terbiasa dengan pola makan baru.

2. Pola konsumsi obat
Bagi penderita diabetes atau penyakit lainnya yang terbiasa mengkonsumsi obat, mulailah untuk terbiasa mengkonsumsi obat dua kali sehari. Sehingga saat bulan Ramadhan, hanya pergeseran waktu minum obatnya saja yang berubah yaitu saat buka dan sahur.

Baca juga: Shin Tae Yong Berencana Diskusi dengan Pemimpin Agama Berharap Pemain Tidak Berpuasa Jelang Laga

3. Beraktivitas seperti biasa
Datangnya bulan puasa bukan berarti mengurangi aktifitas, karena takut merasa capek dan lelah karena cuaca panas dan sedang puasa. Justru yang harus dilakukan adalah mendengarkan sinyal tubuh dan percayakan bahwa tubuh mampu menghadapi apapun. Jadi, puasa bukan menjadi alasan untuk menjadi malas beraktivitas.

4. Menjaga kualitas makanan
Tidak perlu mengurangi porsi makanan sebelum datang bulan puasa. Namun yang perlu dilakukan adalah menjaga kualitas makanan agar nutrisi, vitamin, dan serat di dalam tubuh tetap terpenuhi.

5. Minum banyak air
Untuk menghindari dehidrasi saat berpuasa, maka saat sahur usahakan minum air mineral sebanyak delapan gelas. Kemudian hindari minuman manis dan bersoda, serta makanan-makanan manis saat sahur.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)