home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Potret Hangat Sidang Perdana PBB Dipimpin Indonesia, Anggota Dewan Kompak Pakai Batik

Rabu, 08 Mei 2019 14:15 by muthiasp | 895 hits
Potret Hangat Sidang Perdana PBB Dipimpin Indonesia, Anggota Dewan Kompak Pakai Batik
Image source: VOA Indonesia

DREAMERS.ID - Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) menggelar pertemuan debat terbuka di Markas Besar Dewan Keamanan PBB, New York, pada Selasa (7/5) waktu setempat. Untuk pertama kalinya, Indonesia menjadi negara yang memimpin sidang terbuka tersebut.

Berbeda dari sidang-sidang biasanya, sidang yang dipimpin oleh Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi terasa lebih hangat dan santai karena diwarnai oleh ‘diplomasi batik’. Pasalnya, beberapa perwakilan delegasi yang hadir kompak mengenakan pakaian tradisional Indonesia itu.

Perwakilan delegasi dari Amerika, Jerman, Perancis, Cina, Peru, Pantai Gading, dan Republik Dominika kompak mengenakan baju batik dengan warna coklatnya yang khas. Kemudian Sekjen PBB Antonio Guterres terlihat memakai kemeja tenun torso.

Baca juga: Pidato dan Penampilan Berkesan BTS di Sidang Umum PBB Sebagai Utusan Khusus Presiden

Menteri Retno pun mengutarakan kebahagiaannya atas suasana sidang yang lebih berwarna, “Sangat menyenangkan bahwa dalam sidang hari ini cantik dan colorful, karena sebagian besar anggota Dewan Keamanan PBB mengenakan batik, termasuk Sekjen PBB yang mengenakan tenun dari Bali,” ujarnya, mengutip merdeka.

Dilansir dari laman VOA Indonesia, pemilihan batik sebagai dress code sidang merupakan bentuk penghormatan anggota Dewan Keamanan PBB bagi Indonesia yang memegang presidensi Dewan Keamanan PBB untuk bulan Mei 2019. Batik-batik yang dikenakan delegasi bahkan merupakan koleksi pribadi.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)