home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bahaya Makan Berlebihan Saat Buka Puasa, Simak Cara Menyiasatinya

Selasa, 14 Mei 2019 12:00 by fzhchyn | 1035 hits
Bahaya Makan Berlebihan Saat Buka Puasa, Simak Cara Menyiasatinya
Image source: Indonesia Expat

DREAMERS.ID - Salah satu masalah yang dihadapi sebagian orang di bulan puasa adalah kecenderungan makan berlebihan alias kalap saat berbuka. Mereka yang mengalami kondisi ini akan mengonsumsi makanan dengan jumlah kalori yang lebih banyak daripada yang diperlukan.

Ahli kesehatan dr Maria Charlotte mengatakan, "Overeating itu makan berlebihan dan cepat.” Ia menjelaskan bahwa tubuh berada dalam kondisi metabolisme yang baik saat puasa. Di luar masa puasa, penyerapan makronutrisi akan lebih besar daripada mikronutrisi. Hal ini membuat tubuh akan menyerap segala jenis nutrisi yang masuk dengan optimal di bulan puasa. "Mau zat yang baik, yang buruk, terserap semua," ujarnya.

Menurut Maria, overeating membuat seseorang makan tanpa peduli apa yang masuk ke dalam tubuh. Kondisi ini jelas jadi ancaman saat berpuasa. Pasalnya, setelah menahan lapar dan dahaga selama beberapa jam, seseorang cenderung akan melahap apapun secara tak terkendali.

Baca juga: Shin Tae Yong Berencana Diskusi dengan Pemimpin Agama Berharap Pemain Tidak Berpuasa Jelang Laga

Bukannya manfaat kesehatan yang didapat, seseorang justru akan memanen gangguan kesehatan. Ada beberapa dampak buruk overeating terhadap kesehatan seperti rasa kantuk menerus, berat badan naik, hingga kulit kusam, seperti mengutip dari CNN.

Dengan sederet dampak buruk itu, overeating jelas harus dicegah. Salah satunya dengan menghindari makanan dengan kandungan gula tinggi saat sahur. Pasalnya, di waktu itu, tubuh belum siap menerima makanan. Sementara saat berbuka puasa, disarankan untuk mengonsumsi makanan manis. Puasa selama 12 jam membuat tubuh mengalami penurunan kadar gula darah. Makanan manis diperlukan untuk mengembalikan kesegaran tubuh.

Selain itu, siapkan pula asupan protein untuk tubuh sebagai sumber tenaga seperti daging ayam, sapi, atau ikan. Nutrisi lain bisa masuk melalui karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral lewat buah dan sayur. Disarankan juga untuk mengambil jarak selama satu jam setelah aktivitas makan terakhir sebelum tidur. "Kalaupun mau makan (terakhir di malam hari), makan yang mengandung protein. Yang suka dessert, cari yang glutten free dan sugar free," pungkasnya.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)