home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Karena Sistem Satu Arah, Ketahui Cara Masuk Rest Area di Tol Saat Mudik Lebaran

Jumat, 17 Mei 2019 12:03 by reinasoebisono | 1517 hits
Karena Sistem Satu Arah, Ketahui Cara Masuk Rest Area di Tol Saat Mudik Lebaran
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Sistem satu arah alias one way akan diterapkan pada masa arus mudik Lebaran 1440 Hijriyah mendatang di Tol Jakarta-Cikampek dan Tol Cipali pada arus mudik dan arus balik. Hal ini menandakan jika kedua jalur jalan tol akan digunakan oleh kendaraan dari arah Jakarta ke arah timur saat mudik. Begitu sebaliknya saat arus balik.

Via laman Kompas, total penerapan sistem ini akan mencapai ratusan kilometer. Lalu bagaimana jika kendaraan di jalur dua ingin menepi ke rest area? Apa perlu kendaraan di jalur 2 masuk ke jalur satu? Jawabannya tidak perlu, karena Jasa Marga memperbolehkan rest area di kedua jalur digunakan.

"Kedua sisi bisa dipakai, trafiknya rata dan rest area juga bisa dipakai. Jadi masyarakat yang mau menggunakan rest area bisa ke jalur kiri maupun kanan," ujar Dirut Jasa Marga Desi Arryani, Kamis (16/5).

Baca juga: Minat Berburu Flash Sale dan Diskon Tiket Mudik KAI? Cek Dulu Info Memesannya!

Kepala Korp Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Reldi Andri mengatakan, pihaknya sudah merencanakan skema lalu lintas keluar masuk kendaraan di rest area saat sistem one way berlaku. Berikut pengaturan lalu lintas di rest area saat berlakunya sistem one way:

Arus Mudik
- Bagi kendaraan dari arah Jakarta menuju Semarang yang menggunakan jalur 1, dapat masuk dan keluar rest area di jalur 1 seperti biasanya atau normal.
- Sementara bagi yang menggunakan jalur 2, kendaraan bisa masuk ke rest area jalur 2 melalui pintu keluar dan dapat melanjutkan perjalanan kembali atau keluar dari rest area dari pintu masuk.

Arus Balik
- Kendaraan yang menggunakan jalur 1 dapat masuk dan keluar rest area di jalur 1 seperti biasanya atau normal.
- Sedangkan untuk kendaraan yang menggunakan jalur 2 dapat masuk ke rest area jalur 2 melalui pintu keluar dan dapat melanjutkan perjalanan atau keluar dari rest area melalui pintu masuk.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)