home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pemilu Indonesia Belum Sepenuhnya Bersih dari Curang, Ini Persamaan Pemilu 2019 dan 2014

Selasa, 21 Mei 2019 11:32 by reinasoebisono | 1657 hits
Pemilu Indonesia Belum Sepenuhnya Bersih dari Curang, Ini Persamaan Pemilu 2019 dan 2014
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Pemilihan Umum 2019 cukup sarat dengan isu hoax, protes kecurangan hingga penolakan yang berujung rencana aksi massa. Namun tahukah kamu jika sebenarnya pemilu tahun ini tidak terlalu berbeda dengan pemilu sebelumnya di tahun 2014?

Hal ini dikemukakan oleh Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Hamdan Zoelva yang mengatakan jika topik kandidat calon presiden dan isu dugaan kecurangan tetap muncul. Yang pertama adalah pasangan calon yang hanya dua karena itu terjadi keterbelahan sosial antara pemilih 01 dan 02.

"Hampir sama, karena pertama pasangan calon hanya dua. Memang terjadi suatu keterbelahan sosial antara pemilih 01 dan pemilih 02," ujar Hamdan.

Pun dugaan kecurangan dan kasus yang terjadi dan diungkap oleh salah satu pihak yang terlibat dalam bursa Pilpres juga mirip antara tahun 2014 dan 2019. Menurut Hamdan, dugaan kecurangan selalu ada di setiap pemilu, dan digugat di MK sejak 2004.

Baca juga: Keputusan Sidang: Dalil Kecurangan dari Prabowo-Sandi yang Dipatahkan Mahkamah Konstitusi

Meski harus diakui jika pemilu di ndonesia belum sepenuhnya bersih dari kecurangan, namun harus dilihat seberapa besar intensitas tuduhan kecurangan itu. Sebagai contoh, Hamdan pada 2014 sebagai hakim MK menerima gugatan dan mengakui adanya kecurangan di beberapa distrik dan kabupaten di Papua.

Namun, bukti kecurangan itu tidak sebanding dengan perolehan suara di antara kedua pasangan calon. Dengan demikian, kecurangan yang terbukti itu tidak signifikan untuk merubah perolehan suara.

"Jadi MK itu berpikir hal-hal yang lebih besar. Kesalahan di satu TPS misalnya. Kalau bedanya 10 juta (selisih suara), ya kan tidak mungkin dibatalkan pemilunya," kata Hamdan.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)