home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kakak Tiri Kim Jong Un yang Terbunuh Disebut Sebagai Informan CIA?

Rabu, 12 Juni 2019 11:11 by reinasoebisono | 620 hits
Kakak Tiri Kim Jong Un yang Terbunuh Disebut Sebagai Informan CIA?
Image source: The Japan Times

DREAMERS.ID - Kim Jong Nam, yang terbunuh di Malaysia pada 2017 silam adalah kakak tiri pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un yang hingga kini kasusnya maish bergulir di pengadilan dengan salah satu tersangkanya adalah wanita asal Indonesia.

Namun klaim terbaru dalam laporan Wall Street Journal mengatakan jika Kim Jong Nam telah menjadi informan untuk badan intelijen Amerika Serikat, CIA. Surat kabar asal Amerika itu mengutip sumber anonym yang mengetahui tentang masalah tersebut.

Meski pun hubungan Kim Jong Nam dengan CIA tetap belum jelas, sumber tersebut mengatakan ‘ada hubungan’ antara CIA dan Kim Jong Nam. Kim Jong Nam melakukan perjalanan ke Malaysia pada 2017 itu untuk bertemu dengan kontak CIA-nya, meski pun diduga hal itu bukanlah satu-satunya tujuan dari perjalanan tersebut.

Laporan WSJ belum bisa dikonfirmasi secara independen. Namun, Anna Fifield, kepala biro Washington Post di Beijing, merujuknya dalam bukunya The Great Successor. "King Jong-nam menjadi informan bagi CIA…Saudaranya akan menganggap berbicara dengan mata-mata Amerika sebagai tindakan berbahaya. Tetapi King Jong-nam memberikan informasi kepada mereka, biasanya bertemu dengan kontaknya di Singapura atau Malaysia," tulis Fifield.

Baca juga: Penampilan Putri Kim Jong Un Yang Diprotes Warga Korut

Laporan WSJ belum bisa dikonfirmasi secara independen. Namun, Anna Fifield, kepala biro Washington Post di Beijing, merujuknya dalam bukunya The Great Successor. "King Jong-nam menjadi informan bagi CIA...Saudaranya akan menganggap berbicara dengan mata-mata Amerika sebagai tindakan berbahaya. Tetapi King Jong-nam memberikan informasi kepada mereka, biasanya bertemu dengan kontaknya di Singapura atau Malaysia," tulis Fifield.

WSJ dalam laporannya menulis; "Beberapa mantan pejabat AS mengatakan saudara tiri, yang telah tinggal di luar Korea Utara selama bertahun-tahun dan tidak memiliki basis kekuatan yang dikenal di Pyongyang, tidak mungkin dapat memberikan rincian tentang rahasia pekerjaan dalam negeri negara itu."

Tak hanya itu, Fifield juga mengatakan jika Kim Jong Nam hampir dipastikan telah melakukan kontak dengan dinas keamanan negara-negara lain seperti Cina, melansir SindoNews. Sementara pihak Korea Selatan dan Amerika Serikat mengatakan pihak berwenang Korut lah yang memerintahkan pembunuhan, meski Pyongyang telah membantahnya.

Sementara itu via laman Reuters, CIA sejauh ini menolak berkomentar tentang laporan adanya hubungan badan intelijen tersebut dengan Kim Jong Nam yang notabene adalah kakak tiri dictator muda Korea Utara tersebut.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)