home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

'Resep' Rahasia AirAsia Bisa Racik Harga Tiket Murah yang Diklaim Jadi Nilai Plus

Selasa, 25 Juni 2019 16:23 by reinasoebisono | 1351 hits
'Resep' Rahasia AirAsia Bisa Racik Harga Tiket Murah yang Diklaim Jadi Nilai Plus
Image source: Airline Ratings

DREAMERS.ID - Maskapai PT Indonesia AirAsia atau AirAsia terkenal dengan harga tiketnya yang terjangkau dan memang mengklaim tarif tiket maskapai asal Malaysia ini lebih murah dibanding maskapai berbiaya murah atau low cost carrier (LCC) lainnya.

Ternyata ada formula khusus yang dilakukan AirAsia agar menjaga standar harga tiket murahnya tersebut. Salah satunya, yang dibeberkan oleh Direktur Utama AirAsia Dendy Kurniawan, perbedaan utamanya adalah penggunaan jenis pesawat terbang.

Melansir CNN, perseroan hanya menggunakan satu jenis pesawat, yaitu Airbus A230. Karena persamaan tipe pesawat inilah memudahkan manajemen dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM). Hal ini juga membuat perusahaan lebih hemat dari sisi penyediaan suku cadang atauspare part pesawat.

"Sertifikat pilot hanya (membutuhkan) itu. Jadi, ini nilai plus kami dibandingkan maskapai lain yang mengoperasikan pesawat berbeda, jadi mereka tidak bisa menggantikan pilot yang berhalangan dengan cadangan pilot lain karena sertifikasinya beda," katanya

Baca juga: Pengakuan 'Muak' CEO AirAsia Pada K-Pop yang Miliki Istri Orang Korea Selatan

Selain itu, maskapai ini juga merupakan bagian dari AirAsia Group yang telah beroperasi di enam negara dan memiliki 9 perusahaan maskapai. Dengan integrasi ini, efisiensi juga tercipta untuk AirAsia Indonesia.

"Contoh kami mau cari pesawat Airbus, kami datang ke Airbus dengan butuh pesawat dari Indonesia lima, dari Thailand sekian, disatukan jadi banyak. Tentu harganya akan beda kalau kami kumpulkan bersama, harganya jauh lebih baik dibandingkan dengan hanya lima pesawat," paparnya. 

Di samping itu, ia menuturkan perseroan berhasil memaksimalkan utilisasi pesawat, yakni sebesar 12,2 jam per hari. Dengan tingginya utilisasi ini secara otomatis mendorong pendapatan. "Tentunya ini akan membantu biaya sewa pesawat kami, karena pesawat sewa itu dipakai atau tidak dipakai tetap harus bayarnya sama," terang Dendy.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)