home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Analisa PVMBG Terkait Gempa Bali yang Dirasakan Hingga Lombok

Selasa, 16 Juli 2019 10:04 by reinasoebisono | 699 hits
Analisa PVMBG Terkait Gempa Bali yang Dirasakan Hingga Lombok
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Gempa berkekuatan magnitudo 6 terjadi di Nusa Dua, Bali pada hari ini Selasa (16/7). Lokasi gempa ada di koordinat 9.11 Lintang Selatan dan 114.54 Bujur Timur terjadi sekitar pukul 07.18 WIB. Gempa ini cukup mengagetkan karena dilaporkan terasa hingga Lombok.

Melansir Detik, gempa ini berpusat di 83 km arah barat daya Nusa Dua dengan hiposenter gempa ada di kedalaman 68 km. Gempa ini pun dilaporkan tidak berpotensi menimbulkan tsunami. "Tidak berpotensi tsunami," kata BMKG via Twitter.

Tak hanya Lombok, namun gempa juga terasa hingga Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Lumajang, Jawa Timur. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian ESDM mengatakan gempa cukup dirasakan karena daerah terdekat pusat gempa merupakan batuan kerbonat berumur tersier dan batuan gunung api berumur kuarter.

Baca juga: Heboh Leonardo DiCaprio dan Tobey Maguire di Bali

"Pada batuan yang telah mengalami pelapukan, belum kompak dan bersifat lepas akan memperkuat efek guncangan gempa sehingga akan lebih terasa," demikian keterangan dari PVMBG.

Berdasarkan posisi dan kedalaman pusat gempa bumi, diperkirakan gempa bumi ini berasosiasi dengan zona Subduksi antara Lempeng Eurasia dan Lempeng Indo-Australia.

Getaran gempa dirasakan dalam skala MMI V di Badung dan Nusa Dua. Sementara di Denpasar, Matara, Lombok Tengah, Lombok Barat dirasakan dalam skala IV. Di Karangkates, Sumbawa, Lombok Timur, Lombok Utara getaran dirasakan skala III MMI. Sedangkan di Jember dan Lumajang, getaran gempa dirasakan skala II MMI.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)