home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Masih Kena Sanksi Ekonomi, Dari Mana Kim Jong Un Bisa Dapatkan Mobil Kepresidenan yang Mewah?

Sabtu, 20 Juli 2019 21:22 by reinasoebisono | 969 hits
Masih Kena Sanksi Ekonomi, Dari Mana Kim Jong Un Bisa Dapatkan Mobil Kepresidenan yang Mewah?
NBC News

DREAMERS.ID -Pimpinan Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un sering kali terlihat menaiki mobil mewah dalam beberapa kegiatannya bahkan di kunjungan ke luar negerinya. Mobil mewah itu terlihat ketika ia mengunjungi Singapura, Hanoi, dan Valdivostok sewaktu menggelar pertemuan tingkat tinggi dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Presiden Rusia Vladimir Putin. 

Melansir Merdeka, mobil mewah yang ditumpangi Kim adalah termasuk lima mobil teratas andalan Mercedes Benz--Maybach S600 Pullman Guard dan Maybach S62, cukup populer di kalangan pemimpin dunia dan harganya mencapai USD 1,6 juta per unit. 

Barang-barang mewah tersebut menurut penelitian sebuah lembaga nitlaba di Washington, Pusat Studi Pertahanan dan harian the New York Times, masuk ke Korut melalui rangkaian sistem pemindahan dari sejumlah pelabuhan, pengiriman rahasia tingkat tinggi dan perusahaan fiktif.

Sebenarnya pada 2016 lalu, Kim Jong Un telah meminta Trump untuk mencabut larangan masuknya barang-barang mewah dari luar negeri ke Korut. Karena pada 2006, PBB menerapkan sanksi yan melarang barang mewah itu masuk Korut.

Baca juga: Penampilan Putri Kim Jong Un Yang Diprotes Warga Korut

Namun, masih menurut laporan yang dirilis kemarin itu, sejak 2015 hingga 2017, sebanyak 90 negara menjadi pemasok barang mewah bagi warga Korut. Lebih mengejutkan lagi, jaringan dan rantai pasokan kiriman barang itu semua melalui wilayah negara Dewan Keamanan PBb dan sekutu Amerika, seperti China, Rusia, Jepang, dan Korea Selatan.

"Dalam hal menghindari sanksi, Korut mengandalkan sebuah kelompok kecil yang para individunya terpercaya dan menerima perintah negara, baik itu barang mewah atau komponen untuk pembuatan rudal," kata Neil Watts, pakar maritim dan pendiri panel PBB.

Panel PBB mengetahui melalui laporan tahunannya, mobil Mercedes Benz dan Rolls Royce Phantom saat ini ada di Pyongyang. Oktober lalu di Pyongyang, Kim keluar dari Rolls Royce Phantom menyambut kedatangan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)