home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Yang Akan Dilakukan Pemprov Saat Jakarta Kembali Jadi Kota Paling Berpolusi di Dunia Pagi Ini

Senin, 29 Juli 2019 11:46 by reinasoebisono | 586 hits
Yang Akan Dilakukan Pemprov Saat Jakarta Kembali Jadi Kota Paling Berpolusi di Dunia Pagi Ini
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Mirisnya pagi ini ketika Ibu Kota DKI Jakarta kembali muncul sebagai urutan pertama kota paling berpolusi di dunia, ata dengan kata lain adalah kota dengan kualitas udara terburuk seduani. Informasi ini didapat dari situs resmi AirVisual.

AirVisual sendiri adalah situs penyedia peta polusi online harian dari ktoa-kota besar di dunia, via laman Kompas. Kualitas udara Jakarta tercatat di angka 183 masuk kategori tidak sehat dengan parameter PM2.5 konsentrasi 117,3 ug/m3 berdasarkan US Air Quality Index atau AQI, pada pukul 09.38 WIB.

Ketika menggunakan acuan US AQI, hasil analisa pencemaran udara untuk parameter PM2.5 dengan konsentrasi 0-10 ug/m3 termasuk kategori sedang, lalu 36 hingga 55 ug/m3 kategori tidak sehat untuk kalangan tertentu. Kemudian, 56-65 ug/m3 adalah kategori tidak sehat, 66-100 ug/m3 kategori sangat tidak sehat dan 100 ug/m3 ke atas kategori berbahaya.

Baca juga: Jakarta Sudah Bukan Ibu Kota dan Alami Kekosongan Hukum Terkait Status Ibu Kota?

Sementara itu setelah Jakarta ada Kota Dubai di Uni Emirat Arab, Krasnoyarsk di Rusia dan Teheran di Iran serta Kuwait yang masuk lima besar kota dengan tingkat polusi udara tertinggi di dunia.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta disebut tengah menyiapkan 14 rencana yang akan dikerjakan hingga 2030 untuk mengatasi polusi udara Jakarta. Di mana semua rencana tersebut tercantum dalam peta jalan aau roadmap berjudul ‘Jakarta Cleaner Air 2030’.

"14 rencana aksi, antara lain monitoring kualitas udara, pengembangan transportasi umum ramah lingkungan, penerapan uji emisi kendaraan bermotor," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Andono Warih. Rencana lainnya yakni pengendalian kualitas udara kegiatan industri dan penyediaan bahan bakar ramah lingkungan.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)