home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Penghargaan Pahlawan Kemanusiaan dari BNPB untuk Mendiang Sutopo Purwo Nugroho

Kamis, 01 Agustus 2019 10:17 by reinasoebisono | 547 hits
Penghargaan Pahlawan Kemanusiaan dari BNPB untuk Mendiang Sutopo Purwo Nugroho
Image source: Istimewa

DREAMERS.ID - Nama Dr. Sutopo Purwo Nugroho tidaklah asing terutama di jagat dunia maya jika sudah berbicara tentang informasi bencana alam. Almarhum kerap memberikan informasi terkini terkait bencana untuk menanggulangi adanya berita tidak benar dan mengurangi keresahan masyarakat.

Sayangnya ia harus berpulang karena penyakit kanker paru stadium IV yang dideritanya. Namun setelah mengumumkan penyakitnya tersebut, ia tetap sigap memberitakan bencana yang terjaid di Indonesia, membuat masyarakat kehilangan sosoknya.

Tempatnya berkarir yaitu Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB pun meresmikan ruang serbaguna dengan nama Dr. Sutopo Purwo Nugroho yang berada di lantai 15 Graha BNPB, Jakarta Timur.

PEresmian dilakukan langsung oleh Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo yang turut dihadiri istri dan kedua anak almarhum Sutopo pada Kamis (1/8). "Dengan membuka tirai ini saya resmikan Ruangan Serbaguna Dr. Sutopo Purwo Nugroho," kata Doni.

Melansir Liputan6, salah satu momen berkesan adalah ketika Sutopo ikut terlibat aktif memberikan informasi bencana krisis Gunung Agung pada tahun 2017. Bahkan awak media pun mengacungi jempol pada Sutopo yang tak kalah sigap dan cepat menginformasikan hal akurat pada masyarakat.

Meski tengah melawan rasa sakitnya, Sutopo dengan sabar meladeni setiap pertanyaan. Jika muncul bencana baru, Sutopo pula yang dengan cepat menyebarkan informasi secara luas agar tak timbul kepanikan dan informasi tak benar mengenai bencana yang terjadi.

"Selama sakit, beliau tidak menunjukkan penurunan intensitas kerja. Terus semangat memberikan informasi bencana. Tidak pernah lelah melayani masyarakat. Beliau kini meninggalkan warisan yang perlu kita lanjutkan, inspirasi bagi saya dan juga banyak orang," kata Kepala Sub Bidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Devy Kamil Syahbana.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)