home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Detail Konsep Ibu Kota Baru yang Dicanangkan Jadi Perwakilan Identitas Bangsa!

Jumat, 02 Agustus 2019 13:30 by reinasoebisono | 704 hits
Detail Konsep Ibu Kota Baru yang Dicanangkan Jadi Perwakilan Identitas Bangsa!
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Ibu Kota baru Indonesia sudah dikonfirmasi oleh Bappenas akan pindah ke Kalimantan, namun nama daerah tepatnya akan diumumkan Agustus ini. Konsep-konsep dan detail rancangannya pun mulai diungkap ke publik oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro.

Ibu Kota Negara (IKN) yang akan pindah dari Jakarta ke Kalimantan itu dirancang sebagai representasi identias bangsa dengan konsep forest city. Tentunya, identitas bangsa itu akan digambarkan melalui beberapa hal.

Melansir Kompas, beberapa hal itu adalah Monumental Building, Museum, dan Cultural Exhibition Area. empat visi IKN yang diusung, yakni sebagai simbol identitas bangsa; kota yang smart, green, beautiful, dan sustainable; kota modern dan standard internasional, serta kota dengan tata kelola pemerintahan yang efisien dan efektif.

"Berkonsep forest city, IKN memastikan kelestarian hutan sehingga Ruang Terbuka Hijau (RTH) akan dibangun minimal 50 persen dari total luas area kota," ujar Bambang dalam rilis Diskusi Nasional III: Pemindahan Ibu Kota Negara bertema 'Menuju Ibu Kota Masa Depan: Smart, Green, Beautiful, and Suistanable' di Gedung Bappenas, Jakarta, Kamis (1/8).

Baca juga: Pak Menteri Basuki, Istana Negara Ibu Kota Baru Nanti Akan Seperti Apa?

"IKN akan menjadi kota yang sarat dengan bangunan dan perumahan berprinsip hijau dengan efisiensi energi, air, sirkulasi yang baik untuk menjamin kesehatan masyarakat, dan sistem daur ulang terintegrasi," terangnya.

IKN juga nanti akan memanfaatkan energi terbarukan dan rendah karbon untuk suplai energi dan gas. Karena itu diperlukan pula green building design melalui penerapan Circular Water Management System, Efficient Lighting System, dan District Cooling System.

"IKN akan menjadi kota yang beroreintasi pada transportasi publik, pengguna sepeda, dan pejalan kaki yang terintegrasi. IKN juga akan mempromosikan kendaraan hemat bahan bakar dan ramah lingkungan," terang Bambang. "Pengelolaan sampahnya juga akan dilakukan dengan menerapkan prinsip Wasteto Energy (WtE) dan prinsip Circular Economy untuk sampah 3R dan air limbah,"

IKN baru itu akan berfungsi sebagai pusat pemerintahan walaupun beberapa fungsi lainnya masih berada di Jakarta. Sementara itu sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) membenarkan jika ibu kota baru akan pindah ke Kalimantan dan akan menyampaikan rencana tersebut secara resmi pada Agustus ini.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)