home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Berkaca Dari Negara Ini, Kinerja PNS Justru Meningkat Karena Bekerja Dari Rumah

Jumat, 09 Agustus 2019 16:38 by reinasoebisono | 6481 hits
Berkaca Dari Negara Ini, Kinerja PNS Justru Meningkat Karena Bekerja Dari Rumah
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Pemerintah beberapa waktu lalu membuka wacana aparatur sipil negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) bekerja dari rumah. Ternyata usut punya usut, pemerintah berkaca dan melihat kesuksesan sistem tersebut yang telah diterapkan di negara tetangga.

Lebih tepatnya di Australia, penerapan sistem tersebut mampu mendorong produktivitas. Hal ini diungkapkan oleh Deputi bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Setiawan Wangsaatmaja.

"Pengalaman di Australia, ketika hal itu diterapkan, produktivitas pegawai tercatat meningkat," katanya dalam keterangan tertulis, Jumat (9/8).

Setiawan lebih lanjut mengatakan jika PNS kerja dari rumah tidak diterapkan dalam waktu dekat. Melainkan perlu adanya system dan regulasi yang matang agar bisa bekerja layaknya perusahaan startup. Ide tersebut terus dikembangkan.

Baca juga: Ternyata Ada Hal Khusus Di Aturan Untuk PNS Selama PPKM Darurat WFH 100%

"Ada fleksibilitas dalam kerja, kita sedang merencanakan itu. Bisa kerja dari rumah, tinggal nanti kita buat aturannya," ujarnya.

Nantinya, ASN bisa bekerja di rumah tapi dengan ukuran kinerja yang jelas. Dan tidak sembarangan, karena dilakukan oleh ASN yang terbukti berkinerja baik. Pemerintah sendiri mendorong birokrasi berbasis digital sejalan dengan berkembangnya revolusi industry 4.0.

Ada sejumlah syarat untuk mewujudkan birokrasi berbasis 4.0 yaitu percepatan layanan, efisiensi layanan, akurasi layanan, fleksibilitas kerja dan berdampak social. Via Detik, terkait fleksibilitas nantinya pekerjaan aparatur sipil negara (ASN) tak harus dilakukan di kantor. Di masa mendatang, pekerjaan bisa dilakukan melalui smartphone sehingga akan efisien dan memperpendek alur birokrasi.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)