home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Penelitian Ungkap Kepercayaan Diri Meningkat Melalui Group Chatting?

Senin, 19 Agustus 2019 16:19 by manachemvr | 643 hits
Penelitian Ungkap Kepercayaan Diri Meningkat Melalui Group Chatting?
imagesource: https://telset.id/183251/asl-pls-5-ap

DREAMERS.ID - Seiring meningkatnya aplikasi media sosial berkirim pesan memunculkan stigma masyarakat, bahwa penggunaan aplikasi tersebut dapat memberi pengaruh negatif terhadap psikologis pengguna.

Tetapi tidak seluruh fitur dalam aplikasi berkirim pesan memiliki dampak negatif. Bahkan melalui penelitian telah ditemukan beberapa dampak positif khususnya dalam fitur grup, salah satunya adalah peningkatan kepercayaan diri.

Linda Kaye dan Sally Quinn, pakar psikologi dari Edge Hill University melakukan studi mengenai efek penggunaan aplikasi berkirim pesan pada kesehatan mental pengguna.

Baca juga: Mulai Ramai Jadi Syarat Masuk Lokasi Tertentu, Mengapa Aplikasi PeduliLindungi Dikritik Menyusahkan Pemerintah?

Penelitian ini dilakukan dengan pengisian kuesioner online kepada 200 orang responden, yang diantaranya terdapat 158 perempuan dan 42 pria dengan rata-rata usia 24 tahun. Melalui kuesioner tersebut, responden diberikan pertanyaan seputar penggunaan aplikasi, kualitas hubungan, motivasi pengguna, identitas grup, dan sisi psikososial.

Hasilnya, sebagian besar responden mengaku kebiasaan mengirim pesan melalui grup dapat membuat pengguna tidak merasa kesepian sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri. Kaye pun beranggapan dengan seringnya bertukar pesan akan memudahkan seseorang untuk bersosialisasi dan mereasa menjadi bagian dari grup.

(mnc)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)