home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kalah Saing Dengan Banyaknya Konten Kreator YouTube, Jadi Penyebab NET TV Goyah?

Senin, 19 Agustus 2019 18:57 by Rie127 | 751 hits
Kalah Saing Dengan Banyaknya Konten Kreator YouTube, Jadi Penyebab NET TV Goyah?
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Munculnya berita mengenai NET TV yang dikabarkan akan mengurangi sejumlah karyawan tentunya membuat beberapa masyarakat menjadi terkejut. Hal ini dikarenakan NET TV merupakan salah satu stasiun televisi swasta yang cukup digemari, terutama oleh anak muda, ditambah dengan banyaknya pemasangan iklan di televisi.

Menurut data Nielsen Indonesia tentang belanja iklan kuartal I-2019 relatif stabil di angka 4% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Belanja iklan itu masih didominasi oleh media televisi,

Menurut hasil temuan Nielsen Advertising Intelligence (Ad Intel), tercatat total belanja iklan di televisi mencapai Rp 30,9 triliun. Angka itu naik sebesar 8% dibandingkan dengan kuartal yang sama di tahun 2018.

Industri televisi saat ini memang telah memiliki pesaing yang cukup berat, yaitu para konten kreator YouTube. Lewat ide-ide kreatif dari konten kreator, para penonton dapat dengan mudah berpaling.

Baca juga: 5 Karakter Drama Korea Ini Bikin Penonton Darah Tinggi

Menurut CCO DIREXION Strategy Consulting dan Chairman CEO Business Forum Indonesia Jahja B Soenarjo saat ini konten yang masih dikuasai industri televisi hanya konten berita dan sebagian hiburan. Kenapa sebagian, karena kaum milenial tidak lagi suka menonton sinetron ataupun acara dangdut.

Meskipun masyarakat Indonesia sangat banyak. Dari 250 juta, tentu masih banyak yang suka menonton sinetron maupun acara dangdut, terlebih bagi mereka yang tinggal di daerah. Industri pertelevisian yang masih bertahan hingga saat ini karena masih melihat peluang tersebut.

"Terlalu kreatif juga percuma karena ibu-ibu rumah tangga yang penting bukan kreatifnya. Kalau terlalu kreatif yang di daerah-daerah pasti tidak butuh," tambahnya.

Konten-konten hiburan yang diproduksi oleh NET TV memang kebanyakan cukup kreatif dan berkualitas. Sayangnya konten-konten tersebut harus bersaing dengan konten yang ada di media YouTube.

"Kreatif jangan terlalu cepatlah, kecuali nafas (modal) Anda panjang. Karena Anda bersaing dengan para kreator-kreator gila yang ada di YouTube, yang mereka gratis," tutupnya.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)