home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ini Dia Pemicu Gempa Dangkal Sukabumi yang Ternyata Ada 43 Gempa Pendahuluannya

Rabu, 21 Agustus 2019 15:40 by reinasoebisono | 799 hits
Ini Dia Pemicu Gempa Dangkal Sukabumi yang Ternyata Ada 43 Gempa Pendahuluannya
Image source: Liputan6

DREAMERS.ID - Mungkin tak banyak yang merasakan jika ada gempa terjadi pada dini hari tadi di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Memang tidak terbilang besar, yaitu di kekuatan magnitudo 3.9 mengguncang pada pukul 03.06 WIB.

Namun kedalamannya yang menjadi perhatian karena sangat dangkal, yaitu terjadi di kedalaman satu kilometer. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pun memperkirakan jika gempa dangkal itu dipicu oleh aktivitas sesar Citarik.

Mengutip Liputan6, titik gempa berada di darat dan dapat dirasakan hingga skala Modified Mercalli Intensity (MMI) III. Meski begitu, gempa tersebut dikatakan Kepala Bidang Pusat Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Tiar Prasetya tidak berpotensi tsunami.

"Pusat gempa bumi terletak pada koordinat 6.77 LS - 106.52 BT, tepatnya berada di darat pada jarak 24 km Barat Laut Kabupaten Sukabumi dengan kedalaman satu kilometer," kata Tiar.

Baca juga: Ini Penyebab Gempa 4.8 SR Sumedang Menurut Badan Geologi

Gempa tektonik dangkal tersebut dirasakan di wilayah Bogor dan Sukabumi dengan skala intensitas II-III, berdasarkan laporan dari masyarakat. Namun belum diketahui perihal laporan kerusakan bangunan sebagai dampak dari gempa bumi itu.

Namun berdasarkan monitoring atau pantauan BMKG terhitung sejak 10 Agustus 2019, terdapat 43 kali gempa pendahulu yang terjaidi di wilayah trsebut. Serta menunjukkan pula tiga aktivitas gempa bumi susulan alias aftershock.

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG, karena BMKG akan terus memantau perkembangan gempa bumi tersebut," ujarnya.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)