home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Komentar Berbagai Pihak Soal Desain Ibu Kota Baru di Kalimantan

Kamis, 22 Agustus 2019 15:30 by reinasoebisono | 584 hits
Komentar Berbagai Pihak Soal Desain Ibu Kota Baru di Kalimantan
Image source: Liputan6

DREAMERS.ID - Pulau Borneo atau Kalimantan resmi dipilih sebagai tempat didirikannya ibu kota baru Indonesia nantinya. Meski belum diungkap lokasi detailnya di mana, belakangan beredar desain ibu kota baru tersebut.

Via Liputan6, beberapa pihak memberi tanggapan soal desain ibu kota yang dikatakan mengedepankan konsep ruang terbuka atau Forest City tersebut, salah satunya adalah Ketua Sanggar Cinta Tanah dan Air Khatulistiwa, Syamhudi.

"Secara garis besar desain itu mengarah pada persentasi ruang terbuka hijaunya berbanding terbalik dengan peruntukan fisik bangunan," katanya

Syamhudi justru mengharapkan jika tuntutan 30% ruang terbuka hijau ke depannya akan ditambah 40%, bahkan jika perlu menjadi 50%. Aktivis lingkungan Kalimantan Barat itu menilai jika ibu kota baru Kalimantan nanti perlu memperhatikan bentuk struktur tanah dan ekologinya.

Baca juga: Pak Menteri Basuki, Istana Negara Ibu Kota Baru Nanti Akan Seperti Apa?

"Maksudnya tanpa harus memaksakan desain dan mengubah struktur awal tanah, misal bangunan solid, itu bisa mengurangi daya resap tanah," katanya.

Perlu juga memperhatikan pembangunan gedung pencakar langit. Karena jika lahan memeuhi, tak perlu lagi membangun gedung-gedung tinggi. Sementara itu tanggapan juga datang dari Pengamat Perkotaan Kalimantan Barat, Deman Huri yang mengatakan desain ibu kota perlu perhitungan matang. Termasuk akan potensi bencana alam yang sewaktu-waktu bisaterjadi.

Presidium Dewan Kehutanan Nasional, Glorio Sanen mengatakan, pemindahan ibu kota ke Kalimantan perlu melibatkan pembicaraan yang intim dengan masyarakat adat setempat, apalagi mereka yang terdampak desain ibu kota yang baru itu. 

"Terkait pembebasan lahan sesuai komitmen Presiden Joko Widodo. Bukan ganti rugi tanpa ganti untung," kata Glorio Sanen yang juga berharap nantinya desain tersebut perlu mengadaptasi bentuk kearifan lokal sehingga masyarakat tidak asing di tengah tanahnya sendiri.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)