home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Satu Saja Belum Diumumkan, Indonesia Disebut Bisa Miliki Dua Ibu Kota?

Jumat, 23 Agustus 2019 14:15 by reinasoebisono | 735 hits
Satu Saja Belum Diumumkan, Indonesia Disebut Bisa Miliki Dua Ibu Kota?
Image source: Hipwee

DREAMERS.ID - Lokasi detail di mana pastinya ibu kota baru Indonesia memang belum diumumkan, baru dipastikan letaknya di Provinsi Kalimantan Timur. Namun belum selesai tabir ibu kota baru ini, sudah muncul lagi penilaian jika Indonesia berpeluang memiliki dua ibu kota.

Via laman Medcom, Wakil Ketua Komisi A DPRD DKI William Yani mengatakan jika keistimewaan Jakarta sebenarnya tak perlu dihilangkan meski nantinya ibu kota pindah ke Kalimantan Timur. Karena Jakarta bisa menjadi pusat perekonomian, sedangkan pusat pemerintahan ada di Kalimantan.

"Arahnya menuju seperti negara lain bahwa ibu kota itu ada dua. Sebagai kota bisnis dan kota pemerintahan," kata William.

William mencontohkan kondisi di Amerika Serikat. Di 'Negeri Paman Sam', kota bisnis berpusat di New York, sedangkan pemerintahan berada di Washington DC. Hal inilah yang dapat dicontoh Indonesia. 

Baca juga: Pak Menteri Basuki, Istana Negara Ibu Kota Baru Nanti Akan Seperti Apa?

"Kalau misalnya negara memindahkan ibu kota ke Kalimantan tetapi kota bisnisnya ikut juga ke ibu kota yang baru sama saja tidak ada bedanya dengan Jakarta," ucap dia.

Ia justru juga mengusulkan agar keistimewaan Jakarta ditambah, termasuk perizinan bisnis diharapkan tetap berada di Jakarta. "Kalau yang bersifat nasional tetap ke pemerintah pusat. Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) itu tetap di Jakarta," ungkap William.

Memang sebelumnya Presiden Jokowi mengatakan ada dua kandidat daerah yang menjadi lokasi ibu kota baru, yaitu Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur. Ada sejumlah pertimbangan untuk memindahkan pusat administrasi, seperti pemerataan ekonomi, bencana alam, tata kota, dan tata ruang.

Pemindahan ibu kota ini secara terang-terangan disampaika Jokowi ketika membacakan pidato kenegaraan di DPR pada Jumat (16/8).

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)