home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jangan Sedih Ibu Kota Pindah, Jokowi Akan Buat 10 Kota Metropolitan Baru!

Rabu, 28 Agustus 2019 10:14 by reinasoebisono | 3389 hits
Jangan Sedih Ibu Kota Pindah, Jokowi Akan Buat 10 Kota Metropolitan Baru!
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Wacana pindah ibu kota telah diresmikan Presiden Jokowi dengan menjadikan Provinsi Kalimantan Timur sebagai lokasinya. Tak asing mengundang pro dan kontra, pemerintah pun disebut tak hanya akan membangun ibu kota baru agar lebih Indonesia-sentris, namun juga akan meratakan perekonomian Indonesia.

Melansir laman CNN Indonesia, salah satu caranya adalah menciptakan kawasan metropolitan di luar Pulau Jawa. Hal ini dikonfirmasi oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional sekaligus Kepala Bappenas Bambang P.S. Brodjonegoro.

Sedikitnya ada 10 kawasan kota metropolitan yang telah masuk rencana pengembangan, di mana ada yang berlokasi di Pulau Jawa dan enam lainnya di luar Pulau Jawa. Pembangunan masing-masing sebenarnya sudah mengaran ke sana namun akan terus ditingkatkan agar kota-kota tersebut menjadi pusat bisnis, perdagangan dan jasa.

Empat kota di dalam Jawa, yaitu DKI Jakarta, Bandung, Semarang, dan Surabaya. Sementara enam kota di luar Jawa, yaitu Medan, Palembang, Banjarmasin, Denpasar, Manado, dan Makassar. 

Baca juga: Jakarta Sudah Bukan Ibu Kota dan Alami Kekosongan Hukum Terkait Status Ibu Kota?

"Ini akan memperkuat pembangunan di luar Pulau Jawa," ujar Bambang usai pengumuman resmi Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal lokasi ibu kota baru di Kompleks Istana Kepresidenan,

Alasan lain dilakukannya pembangunan kota metropolitan tersebut agar kesenjangan ekonomi entar wilayah bisa ditekan. Data sekarang, sekitar 58% dari pertumbuhan ekonomi atau Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia masih berada di Pulau Jawa.

Hal ini tentu menyebabkan ada ketimbangan, salah satunya adalah polulasi penduduk. Masyarakat pun kerap datang ke kota-kota besar di Pulau Jawa untuk mencari keuntungan. Hasilnya, 54% dari populasi penduduk Indonesia juga terpusat di Pulau Jawa.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)