home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mengenal Lebih Dekat Kutai Kartanegara, Calon Ibu Kota Baru NKRI

Selasa, 27 Agustus 2019 17:17 by manachemvr | 1792 hits
Mengenal Lebih Dekat Kutai Kartanegara, Calon Ibu Kota Baru NKRI
Image source: nusantaratv

DREAMERS.ID - Setelah mengkaji beberapa calon daerah yang menjadi pertimbangan untuk ibu kota baru, akhirnya Presiden Joko Widodo mengumumkan lokasi resmi Senin (26/8) kemarin di Istana Kepresidenan. Berdasarkan pengumuman tersebut, sebagian dari Kab. Penajam Paser Utara dan Kab. Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur dipilih menjadi calon ibu kota baru.

"Lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah di bagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur," ujar Jokowi di Istana Negara, dilansir dari Kompas.

Melansir Detik, Kabupaten Kutai Kartanegara sendiri memiliki luas sebesar 27.263,10 km2 yang terbagi menjadi 18 kecamatan. Bukan hanya itu saja, Kutai Kartanegara memiliki belasan aliran sungai yang lokasinya tersebar di seluruh kecamatan. Tercatat aliran sungai terpanjang yang berada di kabupaten tersebut adalah Sungai Mahakam dengan total panjang sekitar 920 kilometer.

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Kutai Kartanegara, Calon Ibu Kota Baru NKRI

Walaupun dinilai minim bencana, ternyata Kabupaten Kutai Kartanegara masih dilewati gugusan gunung dan pegunungan. Sekitar 10 gunung berada tersebar hampir di seluruh kecamatan. Di Kecamatan Loa Kulu terdapat Gunung Lengkup yang merupakan gunung tertinggi di Kutai Kartanegara. Bukan hanya itu saja, di Kutai juga terdapat 16 danau. Danau Semayang tercatat sebagai danau terbesar di Kutai dengan luas 13.000 hektar.

Pada tahun 2017 tercatat jumlah penduduk yang berada di Kabupaten Kutai Kartanegara mencapai 752.091 orang dengan laju pertumbuhan penduduk sebesar 2,32 persen dari tahun 2016.

Dengan jumlah sebesar itu, sebegian besar penduduknya memeluk agama Islam yang selebihnya beragama Kristen Protestan, Katholik, Budha, Hindu. Di daerah Kutai sendiri sudah tersedia sejumlah rumah peribadatan yang disebar merata di seluruh kecamatan.

(mnc)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)