home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Rincian Anggaran Miliaran Rupiah Untuk Rencana Pembangunan Infrastruktur Ibukota Baru

Kamis, 29 Agustus 2019 11:45 by manachemvr | 760 hits
Rincian Anggaran Miliaran Rupiah Untuk Rencana Pembangunan Infrastruktur Ibukota Baru
Image source: Antara News Kalimantan Selatan

DREAMERS.ID - Dalam membangun sebuah daerah, sudah selayaknya pemerintah belajar dari kesalahan yang pernah terjadi. Agar ibukota baru nantinya dapat tertata dengan baik, pemerintah sudah menyiapkan rencana pembangunan infrastruktur.

Melansir Kompas, dengan total anggaran sebesar 865 miliar akan terdapat sejumlah infrastruktur utama yang menjadi fokus pembangunan awal. Beberapa diantaranya termasuk bidang jalan, jembatan, sumber daya air, dan permukiman.

"Ibu kota negara Rp 865 miliar jalan untuk prasarana dasar. Harus bangun dengan APBN nanti optimalisasi," kataBasuki Hadimuljono Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Pembagian anggaran akan lebih besar kepada pembangunan jalan dan jembatan dengan total 500 miliar. Peruntukan biaya ini akan menjadi fokus pembangunan jalan nasional. Melihat penataan pemukiman di Jakarta yang kebanyakan cenderung padat, pemerintah telah menyiapkan 190 miliar untuk pembangunan permukiman.

Fokus pemerintah sepertinya akan berada pada tata letak sarana/prasarana utilitas bawah tanah, saluran drainase dan sarana/prasarana umum, konsultan urban design, rencana tata bangunan dan lingkungan, design control, dan yang terakhir konsultan basic design untuk perumahan PNS.

Sisanya dengan total 175 miliar akan dibangun sumber daya air (SDA). Pembangunan ini diperuntukkan bagi penyediaan air baku, pembangunan bendungan dan embung, juga pengendalian banjir dan saluran drainase.

(mnc)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)