home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Demonstrasi Hong Kong Dibahas Dalam G7, China: Itu Urusan Internal Kami!

Jumat, 30 Agustus 2019 08:00 by manachemvr | 965 hits
Demonstrasi Hong Kong Dibahas Dalam G7, China: Itu Urusan Internal Kami!
Image source: Detik News

DREAMERS.ID - Setelah dua bulan melakukan aksi, akhirnya demonstrasi Hong Kong berakhir kontak senjata api. Demonstrasi menyuarakan anti-pemerintah kali ini pun menjadi yang terparah dalam sejarah Tiongkok.

Aksi unjuk rasa ini pun mendapat perhatian dunia, salah satunya oleh kelompok G7 yang berisikan 7 negara ekonomi terbesar di dunia. Dalam pertemuannya, G7 membahas demonstrasi Hong Kong dan mendesak pemerintah setempat untuk mengamankan kondisi keamanan disana.

Seperti yang diketahui, Hong Kong saat ini sedang mengalami ketegangan antara masyarakat sipil dengan pemerintahan. Rancangan Undang-Undang Ekstradisi menjadi alasan aksi unjuk rasa ini terjadi. Masyarakat sipil mendesak pemerintah untuk segera membatalkan RUU Ekstradisi yang dalam penjelasannya akan memberikan kebebasan China untuk mengadili pelaku kriminal dari Hong Kong.

Setelah RUU tersebut ditangguhkan pada pertengahan Juni lalu, ternyata masyarakat Hong Kong masih melakukan aksi karena menilai pemerintahan Hong Kong sangat dipengaruhi oleh China dan mendesak agar Hong Kong tetap menjadi daerah otonom sesuai perjanjian 1984 tanpa campur tangan pihak China.

"G7 menegaskan kembali keberadaan dan pentingnya Perjanjian China-Inggris 1984 tentang Hong Kong, dan seruan untuk menghindari kekerasan," menurut pernyataan bersama pada akhir pertemuan puncak G7 di Biarritz, Prancis.

Secara garis besar, seluruh pemimpin G7 menyatakan keprihatinan mendalam terhadap apa yang terjadi di Hong Kong dan menghimbau agar kondisi Hong Kong teta damai, seperti dilansir dari Liputan 6.

"Negara-negara G7 semua ingin mendukung Hong Kong yang stabil dan makmur, dan kami secara kolektif berkomitmen pada kerangka satu negara dua sistem," tandas Johnson.

(mnc)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)