home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sempat Disebut Hanya Teori, Ilmuwan Temukan Bukti Mengerikan Tentang Kepunahan Dinosaurus

Kamis, 12 September 2019 08:00 by manachemvr | 43605 hits
Sempat Disebut Hanya Teori, Ilmuwan Temukan Bukti Mengerikan Tentang Kepunahan Dinosaurus
Image source: IDN Times

DREAMERS.ID - Sebelum adanya era manusia, mahluk hidup yang menguasai dunia adalah dinosaurus. Tetapi saat ini sudah tidak ditemukan lagi dinosaurus karena teori menjelaskan bahwa ada kejadian yang membuat dinosaurus di bumi mengalami kepunahan.

Kabarnya 66 juta tahun lalu terdapat hujan asteroid yang menghantam bumi dan menyebabkan kebakaran hutan, tsunami, dan berimbas pada matahari tertutup sulfur yang terlempat ke atmosfer. Setelah hujan asteroid, terjadi juga pendinginan global yang ikut membunuh dinosaurus.

Tidak sedikit dari masyarakat yang menganggap cerita tersebut adalah khayalan belaka. Tetapi penemuan dari analisis bebatuan di semenanjung Yucatan, Meksiko mengungkap kebenaran dari kejadian mengerikan tersebut.

"Penemuan ini adalah yang paling detail sesudah bencana yang mengakhiri zaman dinosaurus," kata Sean Gulick dari University of Texas Institute for Geophysics, dilansir dari Detik.

Ilmuwan menemukan bebatuan yang diduga memenuhi kawah tempat asteroid tersebut jatuh. Bebatuan tersebut ditemukan ratusan meter dibawah tanah dengan kondisi rusak dan meleleh. Selain itu, dari bebatuan ini ditemukan indikasi penguapan sulfur setelah tabrakan asteroid, lalu sulfur tersebut membentuk aerosol sulfate yang memicu pendinginan temperatur bumi.

Kejadian ini disebut mengerikan karena hantaman asteroid tersebut setara dengan kekuatan 10 miliar bom atom yang digunakan pada Perang Dunia ke-II. Bahkan kejadian ini memicu kepunahan masal dengan total 75% spesies di Bumi terbunuh termasuk dinosaurus.

"Asteroid tersebut menggoreng mereka, kemudian membekukan mereka. Memang tidak semua dinosaurus mati pada hari itu, tapi banyak yang mengalami itu," kata Sean.

(mnc)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)