home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Yuk Mengenal Lebih Dalam Tentang 'Chuseok Day' yang Dirayakan Masyarakat Korea

Kamis, 12 September 2019 11:25 by Rie127 | 3232 hits
Yuk Mengenal Lebih Dalam Tentang 'Chuseok Day' yang Dirayakan Masyarakat Korea
Image Source: amino

DREAMERS.IDChuseok atau yang dikenal dengan Hari Thanksgiving Korea adalah salah satu hari yang paling penting di Korea. Tahun ini, Chuseok jatuh pada hari Kamis 19 September. Namun periode liburan sebenarnya berlangsung selama tiga hari, termasuk hari sebelum dan sesudah Chuseok.

Chuseok juga dikenal sebagai Hangawi, yang berarti hari ke 15 Agustus, menurut kalender lunar, dimana semua keluarga berkumpul untuk menikmati waktu bersama dan mengucapkan terima kasih kepada leluhur mereka atas panen yang berlimpah.

Para wanita di keluarga juga menyiapkan upacara peringatan leluhur yang disebut Charye dengan mengisi meja makan dengan berbagai menu makanan termasuk beras dan buah yang baru dipanen.

Masyarakat Korea juga merayakan Chuseok dengan membuat makanan khusus, khususnya kue beras jenis tertentu yang disebut Songpyeon. Songpyeon dibuat dengan beras baru yang ditumbuk halus, kemudian adonan dibentuk menjadi bulat kecil dan diisi dengan biji wijen, chestnut, kacang merah, atau bahan sejenis lainnya.


Image Source: asiasociety

Baca juga: 6 Hidangan Khas Korea yang Disajikan Setiap Hari Raya Chuseok

Kue beras disusun di atas lapisan jarum pinus saat dikukus, mengisi rumah dengan aroma musim gugur yang lembut dan segar. Pada malam hari di Chuseok, anggota keluarga berkumpul untuk membuat songpyeon bersama, menggambarkan pentingnya keluarga dalam masyarakat Korea.


Image Source: asiasociety

Tradisi Chuseok lain di Korea modern adalah pemberian hadiah. Orang Korea akan memberikan hadiah tidak hanya kepada kerabat mereka, tetapi juga kepada teman dan kenalan bisnis untuk menunjukkan terima kasih dan penghargaan mereka.


Image Source: asiasociety

Beberapa ide hadiah adat adalah potongan daging sapi berkualitas tinggi, buah segar seperti apel, dan paket hadiah mulai dari makanan ringan tradisional Korea hingga barang-barang yang berguna lainnya.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)