home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ada Susulan Lebih Besar Dari Getaran Pertama, Gempa Tuban Viral Terasa Hingga Bandung dan Bali?

Kamis, 19 September 2019 17:13 by reinasoebisono | 7002 hits
Ada Susulan Lebih Besar Dari Getaran Pertama, Gempa Tuban Viral Terasa Hingga Bandung dan Bali?
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Gempa cukup besar dengan kekuatan magnitudo 6 dilaporkan terjadi di Tuban, Jawa Timur siang ini di mana getarannya terasa di kota-kota sekelilingnya, bahkan hingga daerah yang cukup jauh. Laporan terakhir getaran terasa cukup kuat hingga Kota Yogyakarta.

Melansir Detik, gempa pertama tersebut terjadi pukul 14.06 WIB dengan kekuatan magnitudo 5.6 Skala Richter. Hal ini turut dilaporkan oleh pihak BMKG di akun Twitter resminya, Kamis (19/9). Beberapa saksi juga mengatakan jika getaran gempa yang dirasakan di Kota Yogyakarta, terutama di gedung berlantai dua.

Lebih tepatnya, lokasi gempa berada di koordinat 6.43 LS dan 111.82 BT atau di 56 km barat laut Tuban, Jawa Timur. Pihak BMKG juga menyatakan jika gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

"Kedalaman 648 Km, tidak berpotensi tsunami," sebut BMKG.

Yang terbaru, gempa susulan terjadi dengan kekuatan lebih besar yaitu magnitudo 6 pada pukul 14.31 WIB. Via laman Liputan6, meski pusat gempa relatif dalam, getarannya terasa hingga Pulau Bali dan Nusa Tenggara Barat.

Baca juga: Ini Penyebab Gempa 4.8 SR Sumedang Menurut Badan Geologi

Berdasarkan aplikasi mobile Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa pertama dirasakan dengan skala MMI II-III Denpasar, III Mataram, III Lombok Barat, III Lombok Tengah, III Sumbawa, III Bima, III dompu, dan II Karangasem.

Sedangkan gempa kedua terasa dengan skala MMI II-III Tuban, III-IV Denpasar, III Malang, III Madura, II Bandung, II-III Yogyakarta, II-III Surabaya, III Mataram, III Lombok, dan III Bima.

Skala MMI I, getaran tidak dirasakan kecuali dalam keadaan luar biasa oleh beberapa orang. Skala MMI II, getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang (lemah).

Skala MMI III, getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu (lemah). Skala MMI IV, pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela atau pintu berderik, dan dinding berbunyi (ringan).

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)