home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Gempa Dalam di Laut Jawa Dinilai Tidak Biasa Timbulkan Pertanyaan Bagi BMKG

Senin, 23 September 2019 16:50 by manachemvr | 9246 hits
Gempa Dalam di Laut Jawa Dinilai Tidak Biasa Timbulkan Pertanyaan Bagi BMKG
Image source: Tribunnews

DREAMERS.ID - Kamis (19/9) lalu terjadi dua kali gempa berkekuatan 6 skala richter dari Laut Jawa. Gempa ini diinformasikan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) berada lebih dari kedalaman 300km yang dinilai tidak biasa.

“Gempa seperti itu kini masih menyisakan banyak tanda tanya,” ujar Daryono, Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, melansir Tempo.

Pusat sumber gempa diketahui terletak pada koordinat 6,1 LS dan 111,86 BT atau berada di laut dengan jarak 88-kilometer arah timur laut Kota Rembang, Jawa Tengah dengan kedalaman 620km. Pusat gempa kedua diketahui berada di koordinat 6,24 LS dan 111,84 BT dengan kedalaman 623km.

Baca juga: Ini Penyebab Gempa 4.8 SR Sumedang Menurut Badan Geologi

Daryono menambahkan bahwa dengan terjadinya gempat tersebut, menandakan bahwa masih ada aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia di kedalaman 500km di bawah Laut Jawa. “Gempa dalam ini dipicu oleh deformasi batuan pada slab lempeng Indo-Australia,” tambahnya.

Selanjutnya jika fenomena ini ditinjau lebih lanjut, Daryono mengatakan gempa ini terletak di zona transisi mantel dengan kedalaman 410-600kilometer. Menurutnya gempa ini disebabkan oleh akibat tarikan gaya gravitasi dari inti bumi.

Ia menambahkan walau getaran gempa cukup besar, gempa ini berada sangat dalam sehingga hanya terasa dengan intensitas yang lemah walaupun dalam radius yang besar. Dikatakan Bandung hingga Bali sempat merasakan guncangan gempa tersebut.

(mnc)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)