home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Google Doodle Rayakan Hari Batik Nasional, Intip Proses Pembuatannya

Rabu, 02 Oktober 2019 17:51 by fzhchyn | 605 hits
Google Doodle Rayakan Hari Batik Nasional, Intip Proses Pembuatannya
Image source: Google

DREAMERS.ID - Google ikut merayakan Hari Batik Nasional yang jatuh setiap tanggal 2 Oktober. Saat membuka laman mesin pencarian itu, pengguna akan mendapati tampilan Google Doodle berupa karya batik berwarna biru yang sangat cantik.

Saat mengklik gambar batik tersebut, pengguna akan dialihkan ke berbagai hasil pencarian seputar Batik. Namun ada fakta menarik dari doodle ini yang ternyata tidak dibuat dengan menggunakan desain grafis komputer.

Diketahui bahwa Google menggunakan motif batik yang benar-benar dibuat menggunakan kain putih yang diwarnai dengan pigmen alami, nila dan oranye. Adalah seniman Lydia Nicholas yang membuatnya karya batik tersebut.



Baca juga: Bocorkan Data Pengguna, Facebook dan Netflix Didenda 82,5 Miliar Oleh Korea Selatan

Mengutip dari Detik, Lydia belajar langsung bagaimana proses pembuatan batik dan terciptalah doodle batik yang kita lihat di halaman utama Google. Pertama-tama Lydia mengoleskan lilin ke kain muslin. Lalu kain dicelupkan ke air yang telah diberikan osage orange sehingga memberikan warna kuning muda.



Lydia kembali menerapkan lapisan lilin kedua menggunakan canting pada kain. Selanjutnya kain diberikan pewarna indigo. Lantaran proses oksidasi, warna yang tadinya hijau menjadi biru. Kain kemudian direbus untuk mengilangkan lilin. Setelah lilin naik dan mengeras, kain pun digantung hingga kering dan jadilah doodle batik.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)