home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sering Alami Gejala Ini, Bisa Jadi Kamu Terkena Depresi

Senin, 14 Oktober 2019 19:08 by Rie127 | 3102 hits
Sering Alami Gejala Ini, Bisa Jadi Kamu Terkena Depresi
Image Source: Hello Sehat

DREAMERS.ID - Berdasarkan data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), lebih dari 300 juta orang di seluruh dunia mengalami depresi. Depresi lebih banyak dialami oleh perempuan dua kali lipat dibandingkan dengan laki-laki.

Depresi pada umumnya terjadi pada perempuan hamil dan melahirkan, hingga pada pasien kanker, dan lainnya. Hal ini dikarenakan mereka memikirkan konsekuensi dari hal yang dialaminya, atauoun memikirkan terlalu banyak masalah lainnya.

Banyak kasus depresi berujung pada bunuh diri. Lebih dari 800 ribu orang bunuh diri setiap tahunnya karena depresi. Alasannya pun beragam. Mulai dari masalah kesulitan pekerjaan, kehilangan orang yang dicintai, perpisahan, dan lainnya.

Kadang, kasus depresi baru ditemukan setelah dokter bertanya. Banyak yang tidak mengakui mengalami depresi karena tidak menganggapnya sebagai penyakit sungguhan atau mereka hanya meminta obat antidepresan kepada dokter untuk meredakan sakit kepala.

Jika laki-laki mengalami depresi, umumnya mereka akan melampiaskannya ke alkohol, obat-obatan atau hal berisiko lainnya. Salah satu tanda perubahan sikap yang dialami adalah mudah marah atau ringan tangan. Sedangkan pada perempuan, depresi seringkali terlihat dari tidak napsu makan atau kecemasan.

Dilansir dari Kompas, ada beberapa tanda sederhana untuk mengetahui gejala depresi. Gejala ini bisa terjadi berkepanjangan, seperti dua minggu atau lebih, tergantung pada gejalanya. Ada kategori gejala depresi ringan, moderat, hingga berat.

1. Perasaan Gagal

Salah satu gejala depresi adalah perasaan gagal atau bersalah dan merasa tidak berharga. Mereka sering kali berpikir untuk mundur dan memikirkan kegagalan-kegagalan di masa lalu.

2. Menarik Diri

Kecenderungan untuk menarik diri dari lingkungan, bersikap tidak peduli, dan tidak tertarik berpartisipasi dalam kegiatan yang menyenangkan, juga menjadi salah satu gejala depresi.

3. Kehilangan Energi

Depresi menyebabkan anergia, atau kehilangan energi dalam nenjalani rutinitas sehari-hari. Terkadang, mereka yang mengalami depresi akan merasa kelelahan bahkan sebelum mereka memulai aktivitas harian.

Baca juga: Apple Kembangkan Fitur Baru untuk Mendeteksi Depresi di iPhone

4. Mudah Menangis

Mereka yang mengalami depresi juga memiliki gejala mudah menangis akan suatu hal, karena biasanya orang yang mengalami depresi akan lebih untuk memendam perasaan mereka. Sehingga dalam suatu waktu, ketika mereka sudah tidak dapat menahan emosi, mereka akan menjadi lebih mudah menangis

5. Binge Eating

Seseorang yang mengalami depresi biasanya akan mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang banyak di waktu yang bersamaan atau istilah lainnya adalah ‘binge eating’. Namun pada waktu lainnya mereka bisa kehilangan napsu makan.

Kehilangan atau bertambah berat badan sebanyak lima persen dari berat badan dalam sebulan, perlu menjadi perhatian. Hal ini dikarenakan orang tersebut kemungkinan memiliki gejala depresi.

6. Banyak Tidur

Tidur terlalu sering juga merupakan salah satu gejala depresi. Tidur terlalu banyak atau pun tidak tidur sama sekali. Jika terjadi secara rutin, hal ini merupakan gejala awal seseorang mengalami depresi. Mereka yang mengalami depresi bisa merasakan kelelahan, meskipun banyak tidur.

7. Hilang Konsentrasi

Orang yang merasa depresi seringkali kehilangan konsentrasi atau mudah terdistraksi. Pengobatan atau penanggulangan depresi bergantung pada gejala yang  dirasakan. Bisa melalui pengobatan atau biasa atau pengobatan intensif di rumah sakit.

Banyak pasien dengan depresi merasakan keuntungan setelah mengikuti sesi konseling dan terapi tingkah laku. Meskipun keuntungan tersebut tidak didapatkan secara instan dalam satu kali kunjungan.

Maka dari itu, jangan menganggap rendah depresi, apalagi jika kamu telah mengetahuinya sejak awal. Karena setiap orang yang mengalami depresi memiliki semangat hidup yang cukup rendah.cSelain itu, penderita depresi lebih berisiko untuk melakukan bunuh diri daripada mereka yang tidak mengalami depresi.

Jika memang kamu tidak ingin melakukan konsultasi dengan dokter, kamu dapat menceritakan masalahmu kepada sahabatmu yang dapat dipercaya, atau bahkan kamu dapat menceritakannya kepada keluarga terdekatmu.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)