home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Minum Air Putih Terlalu Banyak Sebabkan Keracunan, Kok Bisa ?

Kamis, 17 Oktober 2019 17:25 by Rie127 | 1541 hits
Minum Air Putih Terlalu Banyak Sebabkan Keracunan, Kok Bisa ?
Image Source: Tribun

DREAMERS.ID - Setiap orang dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan air putih setiap harinya. Setidaknya dalam sehari setiap orang dianjurkan untuk mengkonsumsi delapan gelas air putih untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

Namun, dilansir dari Tempo, mengkonsumsi terlalu banyak air putih juga tidak baik bagi kesehatan, mengkonsumsi air putih lebih banyak daripada jumlah yang dapat dikeluarkan oleh tubuh dapat memicu kondisi yang disebut hiponatremia.

“Hiponatremia adalah kondisi gangguan elektrolit ketika kadar natrium (sodium) dalam darah lebih rendah dari batas normal”. ujar ahli nutrisi Kristin Koskinen dikutip dari Health.

Natrium (sodium) adalah elektrolit penting dalam tubuh yang berperan dalam menjaga tubuh dengan mendistribusikan air ke seluruh tubuh, dan sisanya dibuang melalui ekskresi dalam bentuk air seni atau keringat. Kadar natrium (sodium) yang rendah dalam darah dapat menyebabkan gejala seperti kembung, sakit kepala, sulit berpikir jernih (brain fog), dan mual.

“Ginjal juga memiliki batasan berapa banyak air yang dapat mereka proses untuk dikeluarkan pada satu waktu, maksimum 800 hingga 1.000 mililiter per jam”. kata Koskinen.

Baca juga: 7 Kesalahan Hidrasi Tubuh, Tidak Hanya Soal Cukup Minum Air

“Meskipun keracunan air adalah hal yang jarang terjadi, itulah yang akan Anda alami bila mengkonsumsi air putih melebihi jumlah yang dapat diterima dan dikeluarkan tubuh”. lanjutnya Koskinen.

Cara yang paling mudah untuk mengetahui apakah kamu mengalami dehidrasi atau hidrasi tinggi adalah dengan warna air seni dan seberapa sering kamu buang air kecil. Pada umumnya, air seni berwarna kuning pucat hingga menyerupai warna air teh. Namun, jika air seni  berwarna lebih jernih daripada biasanya, itu pertanda kamu telah mengkonsumsi air putih terlalu banyak dalam rentang waktu yang pendek.

“Rata-rata, orang buang air kecil 6-8 kali sehari, atau 10 kali untuk seseorang yang secara rutin mengkonsumsi kafein atau alkohol”. kata Koskinen.

Jika kamu harus buang air kecil beberapa kali dalam rentang waktu satu jam dengan warna air seni yang jernih, sebaiknya kamu mempertimbangkan untuk mengurangi jumlah asupan cairan.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)