home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Begini Keputusan FPI Setelah Prabowo Gabung Koalisi Jokowi

Selasa, 22 Oktober 2019 16:13 by reinasoebisono | 4524 hits
Begini Keputusan FPI Setelah Prabowo Gabung Koalisi Jokowi
Image source: Coconuts.co

DREAMERS.ID - Front Pembela Islam atau FPI selama ini diketahui mendukung pasangan Prabowo-Sandiaga di Pilpres 2019. Namun kini pihak Prabowo beserta Gerindra merapat ke koalisi dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma’ruf Amin, bagaimana sikap selanjutnya?

Melansir Tempo, FPI menyatakan sikap akan menjaga jarak dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto karena telah memutuskan masuk ke dalam koalisi pemerintahan. Jubir FPI Munarman mengatakan organisasinya telah mengantisipasi hal itu sehingga melakukan Ijtima Ulama IV beberapa waktu lalu.

"Sikap kami yang dihasilkan melalui Ijtima Ulama IV waktu itu, pertama menolak kekuasaan yang zalim, serta mengambil jarak dengan kekuasaan tersebut," kata Munarman.

Poin berikutnya hasil Ijtima Ulama IV itu adalah menolak putusan hukum yang tidak sesuai prinsip keadilan. Dia menjelaskan, hal itu berkaitan dengan sengketa pemilu dan perkara yang dituduhkan kepada para demonstran aksi 21 dan 22 Mei, 25 dan 30 September, dan kasus lainnya.

Baca juga: 'Belanja Aneh' Menhan Prabowo, Ada Dorongan Dari Presiden Jokowi?

Munarman juga menjelaskan, poin pertama itu dibuat dengan mempertimbangkan dan mengantisipasi terjadinya Prabowo bergabung dengan koalisi Jokowi. Ijtima Ulama IV ini sendiri digelar tak lama setelah Prabowo dan Jokowi bertemu di MRT 13 Juli lalu.

"Kami berusaha konsisten dengan apa yang sudah disepakati," ujarnya.

FPI merupakan salah satu barisan pendukung Prabowo-Sandiaga Uno di pemilihan presiden 2019. Selain FPI, ada pula Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama.

Namun setelah Prabowo bertemu Jokowi, para tokoh Ijtima Ulama ini juga balik badan. Kemarin, Prabowo secara resmi menyatakan partainya bergabung ke koalisi Jokowi. Bekas calon presiden 2014 dan 2019 itu juga menyatakan dirinya diminta menjadi menteri Jokowi di bidang pertahanan.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)