home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Inilah Bocoran-bocoran Soal Tes Seleksi CPNS 2019!

Selasa, 29 Oktober 2019 12:33 by reinasoebisono | 5289 hits
Inilah Bocoran-bocoran Soal Tes Seleksi CPNS 2019!
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 telah resmi diumumkan dan akan dimulai pada 11 November mendatang. Sejumlah hal pun dipersiapkan dari sisi penyelenggara, termasuk juga dari kamu yang berminat melamar, Dreamers.

Perlu diingat kembali jika pelamar satu orang hanya boleh mendaftar di satu instansi dan satu formasi jabatan di kementerian/lembaga/pemda. 

Mereka yang lolos seleksi administrasi selanjutnya mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan Sistem Computer Assisted Test (CAT). SKD akan dilakukan pada Februari 2020 dan dilanjutkan dengan Seleksi Kompetisi Bidang (SKB) pada Maret 2020.

"Mungkin nanti soal radikalisme masuk di sana, tahun lalu kan belum ada. Karena ini perlu, karena kan beberapa teman kami PNS ada yang terpapar radikalisme, mungkin itu bisa masuk," kata Ridwan, kepada detikcom, Sabtu (19/10/2019).

Baca juga: Tidak Lagi Muluk-muluk, Profesi PNS Jadi Zona Aman Generasi Milenial

Ingat dengan viralnya soal tes CPNS 2018 yang disebut sangat sulit dan soalnya tak masuk akal? Ridwan mengingatkan kepada para pendaftar untuk betul-betul mempersiapkan diri menghadapi soal TKP.

TKP sendiri menguji kepekaan sosial budaya, pelayanan publik, kreativitas dan inovasi, profesionalisme, hingga jejaring kerja si calon PNS. Menurut Ridwan, tes ini isi soalnya banyak yang menjebak, bahkan tidak ada kata salah di tiap soal.

"Ini tuh rentang nilai 1-5 nggak ada nilai salah, benar, lebih benar, dan paling benar, kayak tes psikologi," kata Ridwan. "Prinsipnya adalah saat ngerjain itu kita harus punya mindset kita udah jadi PNS,”

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)