home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sering Dianggap Sama, Ini Perbedaan Bipolar dan Moody

Kamis, 31 Oktober 2019 11:40 by Rie127 | 1107 hits
Sering Dianggap Sama, Ini Perbedaan Bipolar dan Moody
Image Source: Medium

DREAMERS.ID - Jika kalian mengalami perubahan emosi atau suasana hati yang tiba-tiba, jangan dulu menyebutkan diri kalian sebagai bipolar. Mungkin saja kalian hanya sedang berada di situasi yang moody. Sedangkan, moody dan bipolar merupakan dua kondisi yang berbeda.

Mengutip dari Huffington Post, seorang ahli kejiwaan di Ohio State College of Medicine, Sophie Lazarus mengatakan bahwa bipolar ditandai dengan dua periode, yaitu manik dan depresi.

"Kondisi manik ditandai dengan suasana hati yang terus meningkat secara abnormal, untuk kemudian berpindah ke perasaan mudah tersinggung hingga sedih berlebih atau depresi selama berminggu-minggu," kata Lazarus.

Seseorang yang sedang berada dalam kondisi manik, dapat ditandai dengan beberapa gejala. Kepercayaan diri akan meningkat drastis, banyak bicara, aktivitas yang meningkat, kurang tidur, dan gejala lainnya. Sementara pada fase depresi, seseorang dengan gangguan bipolar akan merasa sangat tertekan dan 'down'.

"Energi mereka yang pengidap bipolar juga rendah, mudah menangis, kurang tertarik pada kehidupan, atau bahkan berpikir tentang kematian," ujar psikiater lainnya dari Duke University Medical Center, John Beyer.

Baca juga: Kim Kardashian Bicara Soal Bipolar yang Diderita Kanye West

Dua kondisi di atas jelas berbeda dengan perasaan 'moody'. Mengutip ABCNews, perasaan yang berubah-ubah atau moody tak akan mengganggu hidup seseorang. Perasaan tertekan dan euforia berlebih tak akan mengganggu hidup seseorang dengan gejala moody.

Seseorang yang mengalami perubahan suasana hati dengan cepat umumnya masih bisa beraktivitas sebagaimana biasanya mulai dari bekerja, bermain, dan lain sebagainya. Gangguan bipolar ditandai dengan perubahan suasana hati yang ekstrem

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)