home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Stop Bullying dengan Kenali Jenis-jenisnya, Ada yang Pernah Kamu Lakukan?

Jumat, 01 November 2019 13:00 by Rie127 | 989 hits
Stop Bullying dengan Kenali Jenis-jenisnya, Ada yang Pernah Kamu Lakukan?
Image SourceL Koreaboo

DREAMERS.ID - Biasanya seseorang tidak sadar akan kesalahannya, sehingga ketika ia melakukan kesalahan yang ia tidak sadari, ia akan melakukan hal tersebut berulang-ulang, seperti bullying atau perundungan.

Awalnya, mungkin orang yang melakukan tindakan bullying hanya sekedar becanda, namun ketika ia melakukannya secara terus-menerus maka orang tersebut telah melakukan bullying.

Berdasarkan situs resmi Stop Bullying Amerika Serikat, tindakan yang dikategorikan sebagai perundungan adalah tindakan yang agresif dan mengandung ketidakseimbangan kekuatan dan pengulangan.

Ketidakseimbangan kekuatan diartikan sebagai orang yang menggunakan kekuatan mereka seperti kekuatan fisik, menyebarkan informasi yang memalukan, atau menggunakan popularitas untuk mengendalikan atau membahayakan orang lain. 

Ada banyak jenis bullying yang dapat dialami oleh anak-anak maupun orang dewasa. Dilansir dari CNN, perundungan dibagi menjadi beberapa jenis, berikut jenis-jenis bullying atau perundungan yang patut diwaspadai.

1. Perundungan Fisik

Perundungan fisik adalah penindasan yang dilakukan dengan cara melibatkan fisik seperti melukai tubuh seseorang yang dapat menyebabkan efek jangka pendek dan jangka panjang, seperti memukul, menendang, mencubit, mendorong, dan menghancurkan barang orang lain.

2. Perundungan Verbal

Baca juga: YouTuber Pyo Ye Rim Korban Bullying Ditemukan Tewas

Perundungan verbal adalah intimidasi yang melibatkan kata-kata baik secara tertulis atau terucap. Perundungan secara verbal meliputi menggoda, memanggil nama yang tidak pantas, mengejek, menghina, dan mengancam.

3. Perundungan Sosial

Perundungan sosial adalah penindasan yang mengakibatkan merusak reputasi atau hubungan seseorang. Intimidasi sosial ini mencakup berbohong, menyebarkan rumor negatif, mempermalukan seseorang, dan mengucilkan seseorang.

4. Perundungan di Dunia Maya (Cyber Bullying)

Perundungan di dunia maya atau Cyber Bullying adalah perilaku intimidasi yang dilakukan menggunakan teknologi digital. Perundungan di dunia maya ini meliputi mengunggah gambar atau video yang tidak pantas, menyebar gosip secara online, dan menggunakan informasi orang lain di media sosial.

5. Perundungan Seksual

Dikutip dari Very Well Family, perundungan seksual adalah tindakan yang berbahaya dan memalukan seseorang secara seksual. Intimidasi seksual ini termasuk pemanggilan nama seksual atau cat-calling, gerakan vulgar, menyentuh, dan materi pornografi. 

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)