home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Larangan PT KAI untuk Tur Wisata Mistis di Lokasi Tragedi Bintaro

Selasa, 05 November 2019 12:45 by reinasoebisono | 705 hits
Larangan PT KAI untuk Tur Wisata Mistis di Lokasi Tragedi Bintaro
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Satu kegiatan tur mistis dilaksanakan pada Jumat, 1 November hingga Sabtu dini hari. Kegiatan wisata horor bertajuk ‘Jakarta Mystical Tour’ ini tepatnya digelar di perlintasan kereta api di daerah Pondok Betung, Bintaro.

Melansir CNN Indonesia, kegiatan ini disayangkan oleh PT KAI Daop 1 Jakarta karena ada larangan. Tur ini merujuk pada salah satu kecelakaan kereta api terburuk di Indonesia atau yang dikenal sebagai Tragedi Bintaro tahun 1987 lalu. Ratusan orang tewas dalam peristiwa ini.

"PT KAI Daop 1 Jakarta menyayangkan kegiatan wisata horor bertajuk "Jakarta Mystical Tour" yang diselenggarakan oleh Biang Overlander di pelintasan rel kereta Tragedi Bintaro 1987, pada Jumat (1/11) yang hampir menyebabkan kecelakaan pada saat kegiatan berlangsung," kata Senior Manager PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dalam keterangan.

Alasannya, area jalur rel Tragedi Bintaro itu, yang digunakan sebagai lokasi kegiatan, adalah jalur aktif dengan lalu lintas kereta yang cukup padat. Adapun penyelenggara tur mistis yakni Biang Overlander, kata Eva, tidak melakukan koordinasi dengan PT KAI Daop 1 Jakarta dalam menyelenggarakan tur tersebut.

 

Baca juga: Akhirnya Ditangkap, Ternyata Ini Motif Pemerkosa Wanita di Bintaro yang Viral

Eva berkata kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam agenda wisata horor ‘Jakarta Mystical Tour’ sudah melanggar ketentuan Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah yang berlaku dan membahayakan keselamatan perjalanan kereta api serta mengancam nyawa orang sekitar.

Karena itulah PT KAI Daop 1 Jakarta melarang pihak penyelenggara untuk melakukan agenda wisata horor dengan memasukkan area jalur kereta api sebagai lokasi wisata. Larangan melakukan kegiatan di jalur kereta aktif dinyatakan dalam pasal 181 ayat (1) UU 23 tahun 2007 tentang Perekeretaapian.

"Dalam ayat (1) pasal tersebut menyatakan bahwa setiap orang dilarang berada di ruang manfaat jalur kereta api; menyeret, menggerakkan, meletakkan, atau memindahkan barang di atas rel atau melintasi jalur kereta api; atau menggunakan jalur kereta api untuk kepentingan lain, selain untuk angkutan kereta api," ujar Eva.

Larangan serupa juga tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2009 Pasal 53 ayat (1). Yang berbunyi:

Setiap orang dilarang memasuki atau berada di ruang manfaat jalur kereta api kecuali petugas di bidang perkeretaapian yang mempunyai surat tugas dari penyelenggara prasarana perkeretaapian.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)