home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kisruh Masalah Akidah, PBNU Sebut Ucapkan Salam Agama Lain Simbol Toleran

Senin, 11 November 2019 17:30 by reinasoebisono | 5684 hits
Kisruh Masalah Akidah, PBNU Sebut Ucapkan Salam Agama Lain Simbol Toleran
Image source: Istimewa

DREAMERS.ID - Pengucapan salam kepada agama lain sempat menjadi topik hangat karena banyak yang pro dan kontra, utamanya dalam konteks pidato resmi. Hingga masalah aqidah pun dipertanyakan. Namun belum lama ini Pengurus Besar Nahdlatul Ulama atau PBNU angkat bicara.

Melansir CNN, Sekjen PBNU Helmy Faishal Zaini menilai jika pengucapan salam agama lain oleh pejabat muslim dalam pidato resmi adalah sebuah budaya, bukan penistaan atau melecehkan. Helmy merespon Majeis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur yang menyebut jika mengucapkan salam semua agama adalah sesuatu yang bid’ah, mengandung nilai syuhbat dan patut dihindari oleh umat Islam.

"Sebagai salam kebangsaan yang tentu semua para tokoh atau pemimpin bermaksud untuk mempersatukan, sepanjang yang saya lihat dari berbagai forum tidak ada satu pun yang berniat menistakan, melecehkan, atau menodai," kata Helmy lewat keterangan tertulis.

Helmy turut menyampaikan jika pengucapan salam agama lain ada hasil proses akulturasi yang juga dimaknai sebagai simbol toleransi antarumat beragama di Indonesia. Di sisi lain, Helmy mengatakan masyarakat nonmuslim juga sering mengucapkan istilah dari Agama Islam dalam keseharian.

Sepanjang seluruh yang diucapkan tidak bertentangan dengan niat, maka sepanjang itu pula kalimat yang menyatakan salam kebangsaan tersebut tidak akan mengganggu akidah dan teologi seseorang," ujar Helmy.

Dia juga berpendapat para pemimpin tak sembarangan mengucap salam agama lain dalam forum resmi. Mereka hanya melakukan itu dalam forum yang dihadiri masyarakat lintas agama. Sementara dalam forum agama tertentu, ucapnya, para pemimpin tak akan mengucap salam agama lain.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)