home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sudah Diterapkan Microsoft, Bekerja 4 Hari Dalam Seminggu Dapat Tingkatkan Produktivitas, Benarkah?

Rabu, 13 November 2019 17:17 by Rie127 | 720 hits
Sudah Diterapkan Microsoft, Bekerja 4 Hari Dalam Seminggu Dapat Tingkatkan Produktivitas, Benarkah?
Image Source: CNN

DREAMERS.ID - Tentunya hari Senin sampai Jumat merupakan hari dimana setiap pekerja melakukan aktivitasnya untuk pergi ke kantor dan bekerja. Namun, studi baru mengungkapkan bekerja selama 5 hari ini sudah tidak lagi efektif.

Studi terbaru dari perusahaan multinasional Microsoft menunjukkan bahwa bekerja selama empat hari dalam seminggu dapat meningkatkan produktivitas karyawan hingga 40 persen. 

Studi ini merupakan bagian dari proyek Work Life Choice Challenge 2019 Summer. Studi ini meneliti tentang keseimbangan di kehidupan kerja dan pengaruhnya terhadap produktivitas serta kreativitas dengan memberikan karyawan jam kerja yang lebih fleksibel.

Studi yang dilakukan di kantor Microsoft Jepang ini melakukan percobaan dengan  menutup kantor setiap hari Jumat pada Agustus lalu. Karyawan hanya bekerja pada hari Senin hingga Kamis. Karyawan juga diberikan cuti berbayar selama kantor tutup. 

Hasilnya, produktivitas karyawan meningkat hingga 39,9 persen dibandingkan Agustus 2018. Perusahaan juga mengurangi jumlah waktu yang dihabiskan untuk rapat. Lama waktu untuk rapat hanya boleh berlangsung selama 30 menit saja. Perusahaan mengefektifkan komunikasi jarak jauh. 

Bukan hanya karyawan yang mendapatkan manfaat, tapi perusahaan juga mendapatkan keuntungan. Jumlah kertas yang dicetak menurun sebanyak 58,7 persen dan konsumsi listrik juga turun sebanyak 23,1 persen.

Dikutip dari Business Insider, hasil studi ini membuat kantor Microsoft di Jepang akan bekerja selama empat hari dalam seminggu. Studi ini juga bukan yang pertama kali dilakukan. Perusahaan berbasis di Selandia Baru, Perpetual Garden, lebih dulu melakukan percobaan ini. 

Dikutip dari CNBC perusahaan tersebut menemukan bahwa bekerja selama empat hari dalam seminggu bermanfaat untuk karyawan dan perusahaan. Perpetual Garden lalu menerapkan sistem kerja selama empat hari dalam seminggu secara permanen.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)