home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tidak Selalu Dapat Sembuhkan Setiap Penyakit, Ini Alasan Dokter Kerap Memberi Resep Antibiotik

Jumat, 15 November 2019 23:00 by Rie127 | 2805 hits
Tidak Selalu Dapat Sembuhkan Setiap Penyakit, Ini Alasan Dokter Kerap Memberi Resep Antibiotik
Image Source: dokter sehat

DREAMERS.ID - Pernahkah kamu memperhatikan, ketika kamu pergi ke dokter untuk berobat, kamu kerap sekali diberikan antibiotik. Walaupun kamu hanya sekedar sakit batuk, flu, ataupun mengalami demam.

Padahal Antibiotik bukanlah obat yang dapat mengatasi dan menyembuhkan setiap penyakit. Namun, antibiotik diberikan untuk pasien yang menderita suatu penyakit yang disebabkan oleh bakteri.

Menanggapi hal ini, dokter anak dr Purnamawati SpA(K), MMPAed mengatakan bahwa ada berbagai kemungkinan dokter meresepkan antibiotik walau penyakit yang dialami pasien bukan disebabkan oleh bakteri.

“Satu, kalau hasil penelitian luar negeri dokter merasa nggak yakin diagnosisnya apa. Mungkin lho ya, mesti ditanya dokter yang bersangkutan” ujarnya di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, dikutip dari Detik.

dr Wati juga menyayangkan bahwa masyarakat terkadang kurang memahami mengenai pemakaian antibiotik. Padahal penyakit seperti batuk dan flu dapat sembuh dengan sendirinya tanpa menggunakan antibiotik.

Selain itu, tidak jarang masyarakat menganggap jika dokter tidak meresepkan antibiotik bukanlah dokter yang baik. Jika tidak sesuai aturan, malah akan menyebabkan resistensi Antibiotik, atau keadaan dimana kuman atau bakteri tidak dapat dibunuh dengan Antibiotik.

“Antibiotik beli bebas nggak boleh, peraturannya ada. Jangan beli antibiotik sendiri. Tahapan berikutnya kita beri tahu masyarakat, kalau diresepkan antibiotik padahal sakitnya karena virus batuk-pilek, jangan dibeli”. saran dr Wati.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)